Cara Pembuatan Rak Buku Dari Kayu

Cara Pembuatan Rak Buku Dari Kayu


Unduh PDF


Unduh PDF

Jika buku-gerendel menepati meja Anda, berasak di urat kayu keluarga, alias terdesak ditaruh di dalam peti susu plastik Anda, hal ini berarti sudah waktunya Kamu memiliki sebuah rak buku. Buatlah lemari trik Anda sendiri dengan mudah. Kami berikan langkah-persiapan berikut ini kerjakan membuat sebuah rak buku kecil, tetapi Sira juga dapat menyeimbangkan matra lakukan membentuk sebuah rak yang malar-malar lebih sesuai dengan kebutuhan penyimpanan Anda.

  1. 1

    Desain dan ukurlah.
    Ia bisa membuat sebuah lemari sendi nan sesuai dengan ruang di apartemen Anda, atau yang berukuran standar sehingga bisa diletakkan di bervariasi lokasi.

    • Ukurlah ruang yang akan Sira pakai untuk menurunkan lemari buku. Tentukan tinggi dan lebar raknya. Ukuran standar rak siasat galibnya 30,4 sampai 40,6 cm puas kedalamannya; tentunya, Engkau dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
    • Tentukan apakah rak trik Beliau akan n kepunyaan bagian belakang yang termengung alias terpejam. Jika Anda ingin adegan belakang nan mangap, persendian Anda dapat disandarkan atau menyentuh tembok di belakangnya.
    • Tentukan sekiranya Beliau akan memperalat muslihat berformat tipis, tebal, maupun seukuran meja kopi. Demi aspek serbaguna, titipan ini akan menunggangi rak yang boleh disesuaikan sehingga bisa memuat sosi dengan beragam ukuran.
    • Rak sosi yang standar n kepunyaan total rak yang beragam, biasanya sebanyak 2, 3, 4, dan 5, tetapi Anda dapat mewujudkan rak sebanyak apapun nan Anda ingin untuk proyek Sira.
  2. 2

    Pilihlah kayu Anda.
    Papan nan Anda gunakan akan mempunyai dampak yang berharga terhadap performa serta harga dan keawetan.

    • Anda dapat memperalat tiang papan yang solid untuk menciptakan menjadikan lemari buku, namun harganya tergolong layak mahal. Kayu tanaman ek buat bufet buku setinggi 2,4 meter dapat menghabiskan uang jutaan rupe. Pilihan yang lebih ekonomis adalah menunggangi kayu tripleks dengan sebuah kayu keras pernisan.[1]
    • Pilihlah kayu tripleks setebal 7,6/10,1 cm cak bagi rangka dan rak buku; Anda akan membutuhkan kayu tripleks setebal 0,635 cm untuk bagian belakang lemari.
    • Sebuah papan tripleks memiliki lebar 1,2 m, namun ingatlah bahwa sebuah pisau gergaji dapat menyelang sebanyak 0,31 cm. Hitunglah berapa banyak gawang sepanjang 2,4 m yang akan Anda dapat mulai sejak 1 lungsin dan hitunglah juga berapa banyak papan yang Anda butuhkan. Bikin titipan ini, Anda hanya akan membutuhkan 1 papan sekadar.
    • Kunjungi bekas digresi gawang buat mendapatkan tripleks berpernis. Jika Kamu menginginkan tiang spesial seperti mahoni, kayu jati, kayu kenari atau ceri, Anda mungkin harus melakukan pemesanan bahkan dahulu.
    • Kusen bersumber tanaman Birch merupakan gawang terbaik yang bisa Dia gunakan seandainya Sira berencana buat mencelup bufet sentral Anda, dan gawang mapel cocok untuk berbagai macam macam pelumuran. Untuk pesanan partikular, Anda disarankan untuk melakukan pelapisan akhir dengan zat yang jernih agar kegagahan kusen tersebut dapat jelas terlihat.[2]
  1. 1

    Gunakan gergaji yang benar.
    Gunakan gergaji meja atau gergaji bulat bikin memotong tiang Anda. Memotong papan tripleks bisa menjadi lewat menyulitkan dan berbahaya, jadi sangat signifikan buat Beliau cak bagi mempersiapkan diri semoga berhasil melakukan pemotongan yang benar.

    • Buat gergaji bulat, gunakan ujung pisau dengan bentuk karbida yang dirancang buat papan tripleks. Cak bagi gergaji bidang datar, persiapkan sebuah mata pisau unik tripleks yang memiliki 80 transmisi pada setiap incinya, dan dirancang untuk membuat rajangan menyilang (gergaji miter) atau menyobek (gergaji kenap).
      [3]
    • Saat memperalat gergaji bulat, pastikan bagian yang bagus berpokok tripleks Sira menghadap ke radiks; bakal gergaji kenap, adegan yang bagus harus menghadap ke atas.
    • Doronglah kayunya melewati gergaji secara beraturan. Hal ini memastikan Anda akan mendapatkan potongan nan lebih kemas.
    • Mintalah bantuan seorang teman. Keseleo satu tantangan jika berkreasi dengan tiang tripleks adalah takdirnya tripleksnya sebesar 1,2 x 2,4 m, sehingga menyulitkan Anda dalam menanganinya sendirian. Gunakan kuda-jaran atau bidang datar lilitan kerjakan membantu Dia.
  2. 2

    Sembelih sesuai sisi Anda.
    Mulailah memotong papan panjang Beliau sesuai dengan gempal yang Kamu inginkan. Ingatlah takdirnya dimensi standarnya yakni 30,48 cm alias 40,64 cm; lakukan proyek ini, kedalaman yang kita butuhkan adalah 30,48 cm.

    • Potonglah triplek
      birch
      setebal 1,905 cm menjadi rincihan-rajangan selebar 31,75 cm.

      • Jika Anda memperalat gergaji bulat, pastikan Anda menunggangi panduan untuk mendapatkan pinggiran yang literal.
    • Bikin takhlik kedua arah bufet taktik, potonglah kayu tersebut menjadi 2 biji kemaluan dengan panjang masing-masing mencapai 1,06 m.
      • Beliau bisa menyetimbangkan pengukuran ini seandainya Anda mau lemari gerendel yang lebih tinggi maupun pendek.
  3. 3

    Potong penggalan bawah lemari Anda dan raknya.
    Ingatlah dan masukkan dalam perhitungan Anda bahwa lebar berasal indra penglihatan gergaji adalah 3,1 mm.

    • Robek papan triplek setebal 1,9 cm menjadi paisan-lembaran selebar 30,1 cm kerjakan menciptakan menjadikan rak resep.
    • Robek potongan kedua selebar 30,7 cm untuk menciptakan menjadikan putaran atas dan dasar rak buku.
    • Sembelih 2 adegan lainnya sejauh 77,4 cm bikin membuat episode atas, sumber akar dan 2 buah rak.
  4. 4

    Potonglah sambungan pemotong getah.
    Ceruk adalah alur yang dipotong menjadi sebongkah gawang. N domestik situasi ini, membuat sambungan ceruk akan kontributif penggalan atas bufet buku agar tetap berbentuk persegi dan aman di kedua sisinya.

    • Siapkan sebuah gergaji untuk mencelah selingkung 9,5 mm. Potonglah sesuai jalur dengan memotong harfiah di rak berukuran 3,2 mm secara bertahap sampai lebar sagur sesuai dengan ketebalan sisi triplek.

    • Beliau kembali bisa menggunakan alat penerus dengan sendal bola kerjakan kondusif Anda memotong.

  5. 5

    Untuk pengeboran untuk menciptakan menjadikan gorong-gorong yang disesuaikan di sepanjang rak anak kunci.
    Karena matra buku bermacam-diversifikasi dan Anda mungkin akan melakukan perubahan, maka bertambah baik jika Beliau membentuk rak nya bisa disesuaikan sehingga Anda dapat mengatur dan merancang ulang rak-rak sesuai dengan keinginan Ia.

    • Klem sebuah papan berlubang/peg board
      (ini akan menjadi gemblengan Anda bagi melubangi) di tempatnya sehingga lubang purwa akan berkecukupan 10,16 cm dari atas dan 10,16 cm ke bawah semenjak perdua-tengah rak pokok.

      • Jika Engkau tidak mempunyai
        peg board, buatlah sebuah cetakan terbit potongan pinus dengan ketebalan 1,9 cm dan potong sesuai dengan panjang almari buku. Gunakanlah alat bor yang dilengkapi dengan sekop setebal 1,6 cm untuk menciptakan sejumlah gua dengan format sama di papan contohnya.[4]
    • Gunakan alat bor yang berdiameter sejajar dengan pantek rak cak bagi menopang pantek dan buatlah lubang berdiameter 5 cm dengan jarak sekitar 5 cm berbunga sisi pinggir secara bertahap.
      • Borlah 3,2 mm lebih n domestik daripada panjang pasak. Letakkan adukan atau berhentilah mengebor sejenang untuk memandu Engkau mengebor dengan kedalaman yang etis dan memperhitungkan ketebalan
        peg board
        tersebut.
  1. 1

    Sambungkan fragmen atas dan samping.
    Gunakan lem sepanjang silsilah ceruk dan pasang bagian atasnya. Tambahkan sekrup untuk memperkuat bagian atasnya.

  2. 2

    Tambahkan beberapa balok.
    Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan sejumlah balok cak bagi mengampu bagian tengah dan dasar rak; balok tersebut akan menopang lembaga tanpa langka yang berlebihan. Seandainya Anda memutuskan menambah balok-balok ini, ketahuilah bahwa bagian tengah rak Engkau tidak akan dapat digerakkan; dan Anda bukan boleh menyesuaikannya.

    • Tempelkan balok setebal 2,5 atau 5 cm di bagian tengah atau pangkal rak dan tempelkan dengan memakunya sampai selesai.

      • Arahkan paku-pakis tersebut sampai adegan kepalanya mewah tepat di atas permukaan gawang, kemudian, pakis secara teratur untuk menggerakkannya ke radiks satah gawang.
    • Bor dan lubangilah episode atas almari resep, lalu rekatkan dengan lem dan 2 buah sekrup kayu.

  3. 3

    Letakkan rak tengah dan bawah di tempatnya.
    Detik rak bagian atas telah kuat, tempelkanlah rak bagian bawah.

    • Gunakan lem kayu lega balok buat rak asal dan aturlah rak tersebut sreg posisinya.
    • Bor dan lubangilah sisi samping bufet gerendel dan tempelkan rak buku dengan menggunakan 2 sekrup kayu.
    • Takdirnya Anda membelakangkan akan menunggangi balok kerjakan menyangga rak babak tengah, pasangkan sekarang seperti Anda memasang rak bagian bawah tadi.
  4. 4

    Pasangkan pengunci bagian belakang.
    Penutup bokong akan mengasihkan tampilan akhir pada lemari buku Anda dan menjaga cat dinding yang terserah di belakang lemari trik Anda.

    • Pastikan almari buku Anda berbentuk persegi. Kencangkan semua sekrup dan jika perlu tempatkan almari buku Ia di tempat nan sedap dilihat.
    • Ukur dan potonglah kayu penutup belakang lemari.
    • Mulailah terbit 1 tempat dan gunakan paku selama 2,5 cm untuk menyaringkan akhir bokong bufet buku Anda.
  5. 5

    Rapikanlah.
    Merapikan maupun membentuk almari gerendel Dia akan memberikan tampilan nan sesuai. Seandainya Kamu sudah mengukur lemari yang pas untuk ukuran sudut apartemen Ia, hias almari trik Sira untuk menyerahkan tampilan yang personal.

    • Tempelkan paesan pada jarak 2,5 atau 5 cm dari pinggir samping dan radiks lemari buku menggunakan paku sejauh 5 cm dan lem.

      • Ia mungkin ingin takhlik pengkolan-belokan bagi riasan Engkau; tampilan jadinya terserah pada Sira.
    • Saat penghias sudah di tempatnya, gunakan sambungan dengan dok berdiameter 1,27 cm untuk menghaluskan perbatasan nan drastis.

    • Lem dan cetakkan ujung paku puas rak pusat agar tidak merusak bentuk.
    • Seandainya Dia lebih mengidas tampilan yang enak dipandang, gunakan mesin jilid daripada alat pengecor untuk membentangi sisi pinggir triplek.

      • Turunkan suhu seksi sreg organ setrika dan gunakan perabot setrika pada pinggir papan kayu
        birch
        pernis dari jihat pinggir triplek, rak, atas dan bawah untuk melakukan penjilidan.
      • Kemudian tekankanlah papan pernisnya dengan erat ke triplek menunggangi
        j-roller. Potong papan pernisnya sesuai panjang triplek dengan pisau serbaguna.
      • Gunakan pemangkas kusen sampang untuk mencelah pinggiran yang maslahat dan ampelaslah bagian pinggirnya dengan menunggangi pengampelas 120 grit sehingga rata dengan papan tripleknya.
  1. 1

    Amril almari buku Anda.
    Pengampelasan nan sopan sangatlah penting untuk menghasilkan tampilan akhir dari semua saduran bidang dan mempengaruhi keberhasilan proses pelumuran. Hasil pelumuran akan terlihat palsu dan tak rata jika permukaannya tidak diampelas secara benar.

    • Bagi hasil yang lebih baik, gunakan pengampelas 150 grit cak bagi menghilangkan alumnus-bekas pekerjaan dan meres yang tidak rata.
    • Gunakan blok tangan dan/atau bantalan ampelas untuk mencaplok seluruh satah dengan rata. Ampelas seluruh permukaannya, jangan hanya mengampelas beberapa bintik yang terlihat tak rata, ampelaslah seluruh bufet buku Anda.[5]
  2. 2

    Cat atau lapisi unit.
    Sentuhan terakhir ini berarti bikin menerimakan lapisan pelindung bakal lemari buku baru Dia— baik dengan menggunakan cat ataupun zat pelapis terobos pandang.

    • Gunakan pencelup radiks dan pewarna asing. Cat dasar membantu kusen agar menyerap cat luar secara merata cak bagi hasil yang seragam. Oleskan cat bawah terlebih lalu dan diamkan agar meringkai. Amril secara perlahan dan hilangkan debu menunggangi kain katun tipis atau kapas kejai nan lembut, lalu lakukanlah pelapisan cat. Sehabis lapisan cat pertama mengering, ampelas kembali, lenyapkan debunya dan lakukan sepuhan yang terakhir.

      • Pilihlah cat dasar putih jikalau Ia akan mengecatnya dengan warna cuaca; jika mencelup dengan corak gelap, gunakan cat dasar serdak-abu. Anda pun bisa menunangi cat dasar Anda diwarnai untuk menyamakan dengan corak cat yang sudah digunakan.
    • Untuk penahapan bungsu yang segeh. Jika Anda sudah lalu memilih gawang yang enggak legal lakukan lemari sentral Anda, gunakan zat
      poliuretan
      bakal mempercantik tampilannya. Oleskan lapisan permulaan dan biarkan mengering sebelum Anda mengampelasnya memperalat ampelas kerikil. Bersihkan debu dengan menggunakan kain katun nan tipis atau lembut, ataupun kapas kain, dan oleskanlah pelapis yang kedua. Ulangi pun dan biarkan mengering dahulu sebelum mengampelasnya. Lampau, oleskan lapisan ketiga maupun yang terakhir kerjakan menyelesaikannya.

      • Luangkan kian banyak masa saat melakukan salutan terakhir untuk melakukannya tautologis barangkali. Oleskanlah pelapisnya tipis-tipis. Kebanyakan busa akan keluar dengan sendirinya, atau Sira harus menyingkirkannya koteng saat mengampelas.[6]

Hal yang Anda Butuhkan

  • Gergaji
  • Pengukur kederasan cak bagi membimbing Anda saat menggergaji irisan-rincihan Anda
  • Organ pengukur
  • Palu
  • Satu set paku
  • Level
  • Alat bor
  • Pisau serbaguna
  • Triplek setebal 1,9 cm
  • Triplek setebal 0,6 cm
  • Sekrup gorong-gorong saku ujung datar
  • Pakis lakukan menempelkan cetakan.
  • Mesin jilid aktif bikin lapisan kayu pohon birch (pilihan)
  • Rak logam berlubang
  • Peranti pengampelas 120 grit dan 150 grit
  • Dempulan gawang yang warnanya proporsional dengan kayu akan dipakai.
  • Cat dasar dan cat lumrah atau lumuran dan sampang

Adapun wikiHow ini

Jerambah ini telah diakses sebanyak 128.730 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Anda?

Cara Pembuatan Rak Buku Dari Kayu

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Rak-Buku

Baca :   Cara Instal Aplikasi Siskeudes Versi 2.0

Check Also

Gear Design Lost Saga 2022

Gear Design Lost Saga 2022 Here are my works and they are free. Gears are …