Campuran Larutan Berikut Yang Merupakan Larutan Penyangga Basa Adalah

Campuran Larutan Berikut Yang Merupakan Larutan Penyangga Basa Adalah


Manakah dari campuran larutan berikut yg merupakan komponen penyangga?

Jawab :

one. CH₃COOH dan CH₃COONa

iii. HCN dan Mg(CN)₂

6. NH₄OH dan NH₄F

7. HF dan MgF₂

viii. NH₃ dan NH₄Cl

ix. Al(OH₃) dan Al₂(And then₄)₃

Pembahasan

Larutan buffer atau larutan penyangga merupakan larutan yang dapat mempertahankan pH, yaitu pH-nya tidak mudah berubah dengan penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau air. Larutan penyangga disebut juga dengan larutan buffer atau dapar. Larutan penyangga dibuat dengan cara mencampurkan asam lemah dengan garamnya atau basa lemah dengan garamnya.

Reaksi antara asam dengan basa membentuk campuran yang bersifat asam, basa maupun netral sesuai dengan jumlah mol masing masing.

Larutan penyangga
dapat dibedakan menjadi dua , yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa. Larutan penyangga yang besifat asam dibuat dari campuran asam lemah dengan basa konjugasinya. Larutan penyangga absa dibuat dengan mencampurkan basa lemah dengan asam konjugasinya. Asam konjugasi atau basa konjugasi disebut juga dengan garamnya.

Prinsip kerja larutan penyangga adalah :

  • jika ke dalam larutan yang berisi campuran asam lemah dengan garamnya dimasukkan sedikit asam kuat, asam  kuat akan bereaksi dengan garamnya sehingga asam kuat akan diubah menjadi garam (bersifat netral) dan asam lemah. Pengaruh asam kuat menjadi sangat kecil.
  • jika ke dalam larutan penyangga yang berisi campuran asam lemah dengan garamnya dimasukkan sedikit basa kuat, basa kuat akan bereaksi dengan asam lemah membentuk garamnya. pengaruh basa kuat menjadi sangat kecil
  • jika ke dalam larutan penyangga yang berisi campuran basa lemah dan garamnya dimasukkan asam kuat atau basa kuat. Basa lemah yang ada akan menyangga larutan jika ke dalamnya dimasukkan sedikit asam kuat. Garam akan menyangga larutan jika ke dalamnya dimasukkan sedikit basa kuat.

Komponen larutan  penyangga :

  • Penyangga asam
  1. Campuran asam lemah + garam / basa konjugasinya
  2. Campuran asam lemah berlebih + basa kuat (bertindak sebagai pereaksi pembatas)
  • Penyangga basa
  1. Campuran basa lemah + garam / asam konjugasinya
  2. Campuran basa lemah berlebih + asam kuat (bertindak sebagai pereaksi pembatas)

Penyelesaian soal :

  • CH₃COOH dan CH₃COONa.
    CH₃COOH merupakan asam lemah, sedangkan CH₃COONa merupakan garam dari asam lemah dan basa kuat. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.
  • HF dan AlF₃.
    HF merupakan asam lemah, sedangkan AlF₃ merupakan garam dari asam lemah dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini tidak termasuk penyangga.
  • HCN dan Mg(CN)₂.
    HCN merupakan asam lemah, sedangkan Mg(CN)₂ merupakan garam dari asam lemah dan basa kuat. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.
  • H₃PO₄ dan (NH₄)₃PO₄.
    H₃PO₄ merupakan asam lemah, sedangkan (NH₄)₃PO₄ merupakan garam dari asam lemah dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini tidak termasuk penyangga.
  • NH₄OH dan NH₄F.
    NH₄OH merupakan basa lemah, sedangkan NH₄F merupakan garam dari asam lemah dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini tidak termasuk penyangga.
  • NH₄OH dan (NH₄)₂And so₄. NH₄OH merupakan basa lemah, sedangkan (NH₄)₂Then₄ merupakan garam dari asam kuat dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.
  • HF dan MgF₂.
    HF merupakan asam lemah, sedangkan MgF₂ merupakan garam dari asam lemah dan basa kuat. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.
  • NH₃ dan NH₄Cl.
    NH₃ merupakan basa lemah, sedangkan NH₄Cl merupakan garam dari asam kuat dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.
  • Al(OH)₃ dan Al₂(SO₄)₃.
    Al(OH)₃ merupakan basa lemah, sedangkan Al₂(SO₄)₃ merupakan garam dari asam kuat dan basa lemah. Campuran kedua spesi ini termasuk penyangga.

Pelajari lebih lanjut

ane. Materi tentang larutan penyangga brainly.co.id/tugas/10353165

ii. Materi tentang penyangga asam brainly.co.id/tugas/54871

3. Materi tentang penyangga basa brainly.co.id/tugas/14443221

—————————–

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Kimia

Bab: Larutan Penyangga

Kode: 11.7.8

Kata Kunci:
buffer, penyangga, asam, basa, garam

Campuran Larutan Berikut Yang Merupakan Larutan Penyangga Basa Adalah

Source: https://brainly.co.id/tugas/21882297

Baca :   Diketahui Kubus Abcd Efgh Dengan Panjang Rusuk

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …