Berikut Yang Termasuk Bahan Lunak Adalah

Berikut Yang Termasuk Bahan Lunak Adalah

Industri kerajinan tangan dan sejenisnya merupakan usaha padat karya yang cukup teruji tahan banting ketika masyarakat mengalami krisis ekonomi, misalnya saja di masa pandemi covid-19 ini. Kerajinan tangan bisa menjadi peluang bagus yang laku di pasaran. Berikut sedikit informasi tentang 7 jenis dan contoh kerajinan bahan lunak namun laku keras di pasaran.

Mengenal Berbagai Bahan Lunak yang Bisa Digunakan untuk Kerajinan

Secara umum, yang di maksud dengan kerajinan bahan lunak adalah kerajinan yang dibuat dari bahan yang bersifat lunak, baik itu bahan dari limbah alami maupun yang buatan. Dari barang-barang bekas tersebut, ternyata bisa menjadi sebuah karya kerajinan yang memiliki nilai jual.

  • Bahan Kerajinan Limbah Alami

Sebagaimana dengan namanya, maka yang di maksud dengan bahan alami adalah yang memang langsung berasal dari alam. Dan tidak memerlukan campuran bahan lain untuk membuat kerajinannya.

Beberapa contoh bahan alami lunak yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan adalah tanah liat, kulit pohon, daun, kulit hewan, bunga, pasir, dan lain-lain.

  • Bahan Kerajinan Limbah Buatan

Sedangkan untuk bahan lunak yang bersifat buatan adalah bahan lunak yang secara sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan digunakan sebagai bahan kerajinan. Contoh kongkritnya adalah bubur kertas, lilin, clay, sabun, gips, fiberglass, spons, dan beberapa yang lainnya.

Kesamaan dari semua bahan yang disebutkan di atas adalah semuanya memerlukan bahan tambahan yang bersifat kimiawi dalam proses pembuatannya.

7 Jenis dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak Namun Laku Keras di Pasaran

Dalam penjelasan pada bab ini, kami akan mengklasifikasikannya berdasarkan jenis bahan lunak yang digunakan, juga diberikan contoh riel kerajinan yang bisa dibuat berdasarkan jenis bahan tersebut.

Baca :   Saat Ingin Menolak Peluru Peluru Diletakkan Diantara

one.Kerajinan Serat Alam


Yang termasuk dalam kategori serat alam adalah serat bambu atau kulit pohon. Kerajinan yang satu ini memiliki kekhasan dalam proses pembuatannya yang memerlukan penanganan khusus. Hal ini dikarenakan karakteristik serat yang mudah rusak jika salah penanganan.

Beberapa teknik yang digunakan dalam proses membuat kerajinan dari serat alam adalah anyaman. Kita bisa menjumpai beberapa cotoh produk kerajinannya seperti keranjang dari anyaman bambu, kursi dari anyaman bambu, tas dari serat kulit pohon, dan lain-lain.

Semua produk anyaman dari serat alam, memiliki
value
yang sangat tinggi, dan kebanyakan pasar yang potensialnya besar adalah Eropa dan Amerika. Mereka berani membeli dengan harga yang tinggi karena sangat menjunjung tinggi nilai dari sebuah kreatifitas.

ii. Kerajinan Tanah Liat

kerajinan bahan lunak

Jensi kerajinan yang satu ini pasti sering kamu temui di pasaran, dan itu cukup laku keras. Kerajinan dari tanah liat memang memiliki keunikan tersendiri, apalagi jika ditambahkan pahatan atau lukisan cantik, maka nilai jualnya akan meningkat.

Baca Juga:
8 Ide Membuat Kerajinan dari Bambu untuk Bisnis

Beberapa macam kerajinan yang berasal dari bahan lunak seperti tanah liat, diantaranya guci, piring, vas bunga, patung, decoration kolam ikan, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan Kulit


Salah satu dari 7 jenis dan contoh kerajinan bahan lunak namun laku keras di pasaran yang harganya paling mahal adalah kerajinan kulit. Kulit yang biasa digunakan adalah kulit sapi, rusa, kambing, ular, buaya, bahkan harimau.

Ada banyak contoh kerajinan yang terbuat dari bahan lunak seperti kulit hewan ini, beberapa diantaranya tas, sabuk, jaket, dan beberapa aksesoris dalam busana selainnya. Untuk harga dari kerajinan berbahan dasar kulit ini bisa dibilang cukup mahal, oleh karenanya banyak juga yang mencoba meraup keuntungan dengan membuat produk kulit sintetis.

Baca :   Jelaskan Pentingnya Mengikhlaskan Niat Dalam Menuntut Ilmu

4. Kerajinan Gips


Vas bunga, patung, dan guci, selain bisa dibuat dengan tanah liat, ternyata juga bisa dibuat dengan bahan lunak lainnya seperti gips. Bahan kerajinan lunak yang satu ini bisa dibilang masuk kategori buatan, karena membutuhkan serangkain proses pencampuran dengan bahan lainnya agar menjadi gips.

Gips sendiri merupakan mineral yang mengandung zat hidrat kalsium, karbonat, sulfat nitran, dan beberapa komponen tambahan lainnya. Untuk dapat membentuknya, diperlukan air sebagai pelarut yang menjadikan adonan mengental dan mudah dibentuk dengan cara dicetak.

Untuk warna dari kerajinan dari bahan lunak gips, umumnya adalah putih. Tidak banyak pengrajin yang menggunakan campuran warna lain dalam proses pembuatan kerajinan gips.

Produk-produk kerajinan diatas, semuanya sudah laku keras di pasaran, bahkan sudah menembus pasar global. Banyak pengrajin bahan lunak di daerah pedesaan yang ternyata sudah melayani konsumen dari Negara Eropa dan lainnya.

5. Kerajinan Sabun


Sabun ternyata memiliki kegunaan lain selain untuk mandi. Bagi orang yang kreatif, sabun bisa menjadi salah satu bahan pembuatan kerajinan dan termasuk bahan lunak kategori buatan.

Sabun yang biasa digunakan untuk kerajinan adalah sabun batang. Beberapa tambahan bahan seperti air dan tepung sagu, digunakan untuk membuat adonan. Dari adonan tersebut bisa dibentuk berbagai macam hal seperti mainan clay, boneka figure, dan lain sebainya.

Tidak jarang juga ditemui pengrajin yang langsung memahat sabun batang menjadi berbagai macam bentuk karya seni yang cantik dan bernilai tinggi. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang cukup rumit, sehingga butuh ketelitian yang tinggi.

6. Kerajinan Lilin


Identik dengan sabun, lilin juga bisa dijadikan bahan kerajinan yang aplikasinya mirip dengan sabun. Penggunaan lilin sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan seperti patung, memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan menggunaka sabun.

Baca :   Istilah Lain Tingkat Kesegaran Atau Kebugaran Jasmani

Baca Juga:
Ini Alasannya Kenapa Harus Mencoba Kain Toyobo

Salah satu kerajinan lilin berupa patung yang paling populer di dunia adalah patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal dunia dari berbagai bidang profesi. Bahkan ada museum patung lilin yang terkenal di beberapa Negara, dimana disana ada banyak patung lilin dari berbagai sosok terkenal.

seven. Kerajinan Bubur Kertas


punya kertas atau buku-buku bekas tidak layak pakai, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan baku kerajinan tangan yang cantik dan pasti bakal laku di pasaran. Proses pembuatan adonannya mirip dengan kerajinan berbahan dasar sabun, yakni dicampur dengan tepung, namun yang digunakan di bubur kertas adalah tepung kanji, juga ditambahkan lem.

Untuk perbandingan antara bahan-bahan tersebut perlu diperhatikan, karena jika terlalu lembek, maka akan sulit untuk dibentuk menjadi sebuah vas, patung, dan ornament lainnya. Namun adonan lembek juga bisa digunakan untuk membuat kertas unik warna-warni dengan menambahkan zat pewarna.

Itulah vii jenis dan contoh kerajinan bahan lunak namun laku keras di pasaran. Jika kamu serius ingin berbisnis kerajinan dengan bahan lunak, kamu perlu melakukan survey secara langsung proses pembuatan dan mempelajari rantai penjualannya pada para pengrajin yang ada.

Dari 7 jenis dan contoh kerajinan bahan lunak namun laku keras di pasaran di atas, masing-masing memiliki nilai jual yang tinggi. Jika memiliki keunikan atau kekhasan yang tidak dimiliki kebanyakan kerajinan dengan bahan dasar yang sama. Jadi sahabat moselo harus melibatkan kreatifitas dan imajinasimu dalam membuat sebuah karya kerajinan.

Berikut Yang Termasuk Bahan Lunak Adalah

Source: https://moselo.com/blog/kerajinan-bahan-lunak/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …