Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Dalam Tahapan Melakukan Smash Adalah

Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Dalam Tahapan Melakukan Smash Adalah

a.langkah awalan b.langkah untuk meloncat c.berlari menghampiri net

d.mendarat

Pencarian tentang pertanyaan berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan boom adalah
c.berlari menghampiri internet

Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar dapat bermain bola voli dengan baik dan benar. Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli adalah teknik smash. Teknik boom adalah gerakan memukul bola sekuat tenaga yang dilakukan di atas net. Dalam permainan bola voli, teknik smash menjadi salah satu teknik yang digunakan untuk menghasilkan poin. Berikut adalah cara melakukan teknik nail dalam permain bola voli.

BACA JUGA:

Kapan Jepang Menguasai Jawa?

Karena, jawaban pertanyaan berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi.

Pertanyaan berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah sudah kami teliti dari berbagi sumber terpercaya dengan tujuan untuk menemukan jawaban yang paling tepat dan paling relevan.

Jadi kalian jangan ragu dengan jawaban dari pertanyaan berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah yang kami berikan kepada kalian.

Kemudian, kami juga menyarankan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Berikut Ini yang Bukan Kategori Smash Berdasarkan Tingginya Umpan adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Referensi

Jawaban dan juga penjelasan diatas diambil dari banyak sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

BACA JUGA:

Berikut ini adalah manfaat dari olahraga renang, kecuali


Tahapan Melakukan Blast dalam Bola Voli

Penempatan atau pendaratan bola ke dalam daerah permainan lawan mengakibatkan pemberian poin dalam permainan bola voli.

Dalam permainan bola voli, langkah penyerangan atau assail adalah wujud fisik dari upaya tim untuk mencetak poin.

Smash, yang juga dikenal sebagai metode pukulan utama dalam bola voli, adalah salah satu dari banyak strategi penyerangan yang digunakan dalam bola voli.

Buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan rekan-rekannya menggambarkan boom sebagai salah satu bakat dalam permainan bola voli yang melibatkan menyerang lawan dengan pukulan kuat, menukik, dan cepat untuk mendapatkan poin.

Baca :   Contoh Penerapan Makna Proklamasi Saat Upacara Bendera Adalah

Saat bola berada di atas net, blast yang kuat dilakukan agar bisa dikirim ke area bermain lawan.

Dalam bola voli, istilah spike dapat digunakan untuk menggambarkan blast, sedangkan istilah spiker digunakan untuk merujuk pada pemain yang melakukan teknik spike.

Saat melakukan smash dalam bola voli, ada empat langkah untuk itu: awalan, tolakan (alas), pukulan, dan pendaratan. Awalan adalah yang pertama dari tahapan ini.

Saat mempraktikkan metode smash, berikut ini urutan yang benar untuk diikuti:

Awalan

Dalam permainan bola voli, proses memukul smash dimulai dengan pemain mengambil satu langkah ke depan seolah-olah akan ancang-ancang.

Ketika seorang pemain mengambil langkah pertama untuk melakukan blast, satu kaki ditempatkan di belakang yang lain, tergantung pada kaki mana yang merupakan kaki dominan.

Tolakan (tumpuan)

Kelanjutan langkah pertama dalam aksi pukulan smash membawa telapak kaki hampir sejajar satu sama lain, mempersiapkan tubuh untuk melompat secara vertikal.

BACA JUGA:

Tahukah, Induk organisasi pencak silat di Republic of indonesia?

Tahap terakhir sebelum memulai blast adalah melompat setinggi mungkin di awal beberapa langkah untuk melakukan smash.

Untuk melompat, kaki pemain ditekuk hingga lutut membentuk sudut sekitar 110 derajat, dengan satu kaki diposisikan di depan sebagai penyangga.

Tumit dan jari-jari kaki Anda menyentuh tanah terlebih dahulu, dan kemudian Anda bersiap untuk mengayunkan tangan sambil menarik tubuh Anda ke atas dengan kekuatan kedua kaki.

Memukul Bola

Setiap kali Anda melakukan blast, pastikan bola mudah dijangkau dari lengan Anda dan di atas net.

Pukul bola sekeras dan setinggi mungkin dengan area tumbukan di telapak tangan dan bagian tengah atas bola di bagian atas zona serang.

Pergelangan tangan terus menghentak ke depan, dengan telapak tangan dan jari-jari menutup rapat di sekitar bola sementara itu.

Mendarat

Servis yang dihancurkan dihentikan ketika pemain mendarat dengan kedua kaki di lapangan dengan jari-jari kaki dan tubuhnya condong ke sisi lain lapangan.

Sedangkan saat melakukan smash, titik di mana kedua kaki mendarat harus sedekat mungkin dengan titik tolak melompat saat melakukan smash.

Bagi seorang pemula, keempat langkah yang disebutkan di atas tidak selalu mencapai kesimpulan yang memuaskan atau dengan cara yang diharapkan.

Baca :   Istilah Istilah Dibawah Ini Berkenaan Dengan Bidang Bahasa Sastra

Seperti dikatakan sebelumnya, smash dalam bola voli harus menukik, tajam, dan terarah agar efektif. Bola memang, bagaimanapun, sering jatuh di luar batas untuk pemain tertentu ketika mereka membanting bola ke jaring.

Masalahnya kemudian muncul seperti apa sebenarnya yang salah dengan gerakan boom pemain. Jawabannya adalah salah memukul bola dengan telapak tangan atau gagal melakukan gerakan aktif pergelangan tangan atau menggunakan foles saat memukul bola.

Lihat Foto

Pebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com
– Poin dalam permainan bola voli bisa didapatkan dengan menempatkan atau mendaratkan bola ke wilayah permainan lawan.

Bentuk upaya sebuah tim memperoleh poin dalam permainan bola voli disebut sebagai serangan atau langkah menyerang.

Ragam teknik serangan dalam permainan bola voli salah satunya adalah melalui pukulan smash, yang juga disebut sebagai teknik pukulan utama dalam permainan bola voli.

Menurut buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan kawan-kawan, blast merupakan salah satu keterampilan dalam permainan bola voli dengan tujuan untuk menyerang lawan dengan pukulan bola keras, menukik, dan cepat agar dapat meraih skor.

Baca juga: Kesalahan Umum dalam Melakukan Smash pada Bola Voli

Pukulan smash dilakukan dengan keras ketika bola berada di atas jaring pembatas (net), untuk diarahkan ke wilayah permainan lawan.

Istilah lain untuk menyebut smash dalam bola voli adalah spike, yang kemudian dipakai menamakan pemain yang melakukan teknik spike sebagai spiker.

Ada empat tahapan teknik melakukan smash dalam bola voli yakni awalan, tolakan (tumpuan), pukulan, dan mendarat.

Berikut urutan yang benar ketika melakukan teknik smash adalah:

Baca juga: Kenapa Bola dalam Bola Voli Berwarna Kuning dan Biru?

Gerakan melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli diawali dengan mengambil satu langkah ke depan sebagai ancang-ancang.

Dalam melakukan langkah awalan untuk melakukan smash, salah satu kaki berada di belakang kaki yang lain sesuai dengan kaki dominan seorang pemain.

Baca :   Urine Sekunder Merupakan Hasil Pembentukan Urine Di Ginjal Pada Tahap

Lanjutan dari langkah awalan dalam tahapan gerakan pukulan smash menempatkan kedua telapak kaki hampir sejajar untuk bersiap meloncat secara vertikal.

Pada saat melakukan awalan beberapa langkah untuk melakukan blast langkah kaki terakhir adalah memberi dorongan lompatan setinggi mungkin.

Baca juga: Mengenal Quick Smash dalam Bola Voli

Kaki pemain menekuk hingga lutut membentuk sudut sekitar 110 derajat, dengan salah satu kaki terletak lebih ke depan sebagai tumpuan untuk meloncat.

Saat meloncat tumit dan jari kaki menghentak lantai kemudian bersiap mengayunkan lengan, sembari mendorong tubuh ke atas menggunakan kekuatan kedua kaki.

Ketika melakukan gerakan nail, pastikan posisi bola berada dalam jangkauan optimal dari lengan serta berada di atas cyberspace.

Pukul bola secepat dan setinggi mungkin dengan wilayah perkenaan bola berada di telapak tangan dengan permukaan tengah bola bagian atas.

Sementara itu, pergelangan tangan aktif menghentak ke depan dengan posisi telapak tangan dan jari menutup bola.

Baca juga: Jenis Blocking dalam Bola Voli

Rangkaian gerakan smash berakhir ketika pemain mendaratkan kedua kakinya di permukaan lapangan, dengan jari-jari kaki dan sikap badan condong ke depan.

Adapun, tempat mendaratnya kedua kaki sebisa mungkin harus sama dengan titik melakukan tolakan untuk meloncat saat melakukan pukulan nail.

Bagi seorang pemula, empat tahapan di atas tak selamanya berakhir dengan sempurna atau sesuai harapan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, blast dalam bola voli harus menukik, tajam dan terarah. Namun, ada beberapa pemain yang ketika melakukan blast, bolanya sering keluar lapangan.

Lalu, muncul pertanyaan apa yang salah dari gerakan smash pemain tersebut? Jawabannya adalah perkenaan bola dengan telapak tangan tidak tepat atau kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan atau foles saat memukul bola.

Baca juga: Jenis-jenis Blast dalam Bola Voli

Istilah foles adalah lecutan/pukulan pada bola untuk bisa menghasilkan pukulan bola yang melengkung atau parabola, sehingga kemungkinan besar bola bisa masuk ke lapangan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Dalam Tahapan Melakukan Smash Adalah

Source: https://sepuluhteratas.com/berikut-ini-yang-tidak-termasuk-proses-saat-saat-melakukan-smash-adalah-saat

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …