Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Unsur Dalam Debat Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Unsur Dalam Debat Adalah

Bola.com, Dki jakarta –
Ada beberapa
unsur-unsur debat
dan penjelasnnya yang perlu diketahui. Jadi, debat ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menguji argumentasi yang diberikan antara individu ataupun kelompok.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian debat ialah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat atau argumen masing-masing.

  • Shin Tae-yong Sebut Kondisi Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani Kurang Fit di Timnas Republic of indonesia
  • Latihan Hari Pertama Timnas Republic of indonesia di Bandung Diisi Perkenalan Antarpemain
  • Membara demi Piala Dunia 2022, William Saliba Tak Takut Bersaing dengan Bek Senior Timnas Prancis

Adapun tujuan debat mendapat kemenangan atas argumentasi yang dilontarkan kepada lawan.

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal dan melihat debat. Bahkan, debat sering ditayangkan di televisi, terutama saat pemilihat kepala daerah atau presiden.

Ciri-ciri debat ada tiga, yaitu memiliki dua sudut pandang (pro dan kontra), terdapat perbedaan argumentasi, terkadang ada sesi tanya jawab, kemudian ada pihak yang menengahi (moderator) dan hasil akhir atau kesimpulan ditentukan juri atau voting.

Tak hanya itu, ada juga beberapa
unsur-unsur debat
yang harus diketahui. Apa saja unsur-unsurnya?

Berikut ini penjelasan
unsur-unsur debat, seperti dilansir dari lama
zonareferensi.com, Sabtu (29/8/2020).

Macam-macam Debat

Sebelum mengetahui unsur-unsur debat, perlu diketahui macam-macamnya. Berikut jenis-jenis debat:

Debat pemeriksaan ulangan atau cantankerous-examination debating

Debat pemeriksaan ulangan dilakukan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam debat ini, diajukan beberapa pertanyaan yang saling memiliki hubungan, sehingga menyebabkan individu yang diberi pertanyaan dapat mendukung posisi yang ingin ditegakkan maupun diperkukuh oleh pihak yang memberi pertanyaan.

Baca :   Jumlah Pemain Basket Setiap Regu Adalah

Debat Parlementer atau Assembly or Parlementary Debating

Debat parlementer juga dikenal dengan sebutan debat majelis. Fungsi debat perlementer yaitu untuk memberikan maupun menambah dukungan pada suatu undang-undang tertentu.

Dalam debat parlementer seluruh anggota debat berhak mengajukan pendapat dan gagasannya. Mendukung atau menentang usul yang telah disampaikan setelah diizinkan oleh majelis debat dengan disertai alasan yang kuat.

Debat Formal

Debat formal juga dikenal dengan sebutan debat konvensional atau debat pendidikan. Debat formal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pembicara untuk menyampaikan kepada audiens atau peserta debat tentang beberapa argumen maupun gagasan yang dapat menunjang atau menolak usulan.

Argumen yang disampaikan harus masuk akal, jelas, dan menyangkut kebutuhan bersama.

Unsur-unsur Debat

Mosi

Unsur-unsur debat yang pertama dalah mosi. Dalam debat harus ada mosi yang akan diperdebatkan. Mosi merupakan suatu hal atau topik yang diperdebatkan oleh para peserta debat. Adanya mosi sangat penting dalam sebuah debat karena terdapat pihak yang pro dan pihak yang kontra.

Tim Afirmatif

Unsur-unsur debat yang kedua adalah tim afirmatif atau pihak pro. Tim afirmatif adalah tim yang setuju terdapat hal yang diperdebatkan (mosi). Dengan kata lain tim yang pro terhadap tema yang dibahas. Pihak pro ini akan menjelaskan uraian mengenai alasan setuju terhadap mosi yang dibahas.

Tim Negatif

Tim negatif/oposisi/pihak kontra merupakan unsur-unsur debat berikutnya. Tim negatif ini tentunya merupakan lawan dari tim positif tadi. Tim negatif merupakan tim yang tidak setuju atau menentang mosi. Tim negatif disebut juga oposisi atau pihak kontra. Pihak kontra akan memberikan sanggahan terhadap pernyataan dari pihak afirmatif.

Tim Netral

Baca :   Tuliskan Cara Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Unsur-unsur debat selanjutnya adalah tim netral. Selain tim afirmatif dan tim negatif, juga harus ada pihak yang ada di tengah-tengah, yaitu tim netral ini. Tim netral merupakan tim yang tidak menaruh dukungan dan tidak condong terhadap salah satu pihak, dengan kata lain bersikap netral.

Moderator

Moderator merupakan salah satu unsur-unsur debat yang tidak kalah penting. Moderator dalam debat adalah orang yang memimpin dan membantu jalannya perdebatan, mulai dari membacakan tata tertib debat, mengajukan pertanyaan serta menengahi adu pendapat peserta debat.

Peserta Debat

Unsur-unsur debat selanjutnya adalah peserta debat. Pada beberapa kesempatan, peserta debat berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat lewat proses voting atau pemungutan suara,

Penulis

Unsur-unsur debat yang terakhir adalah penulis. Dalam debat, terdapat penulis, yaitu orang yang bertugas mencatat dan menulis kesimpulan debat tersebut.

Sumber: Zonareferensi

Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Unsur Dalam Debat Adalah

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4342652/unsur-unsur-debat-beserta-penjelasannya-ketahui-ciri-ciri-dan-macamnya

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …