Berikut Ini Unsur Unsur Seni Rupa Kecuali

Berikut Ini Unsur Unsur Seni Rupa Kecuali

Mas Pur

Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » Seni Budaya » Unsur-Unsur Dasar Seni Rupa

Unsur-Unsur Dasar Seni Rupa



2 min read

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap oleh mata dan juga dirasakan oleh indera peraba manusia. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan gelap terang.

Seni rupa tidak cuma menghasilkan karya seni yang bisa dinikmati dengan indera manusia saja, tetapi sebagian bisa digunakan dan memiliki nilai kegunaan.

Seni rupa menjadi suatu cabang seni yang memiliki nilai karya yang tinggi. Oleh karena itu, semakin bagus dan unik suatu karya seni, maka semakin mahal pula harganya bila dijual.

Seni rupa juga memiliki unsur seni rupa di dalamnya. Apa itu seni rupa? Apa saja unsur pada seni rupa? Sebelum itu kita jawab pertanyaan seputar unsur seni rupa berikut.

Daftar Isi

  • Pertanyaan
  • Unsur Dasar Seni Rupa
    • i. Titik
    • 2. Garis
    • three. Bidang
    • four. Bentuk
    • 5. Tekstur
    • half dozen. Ruang
    • 7. Warna
    • 8. Gelap Terang

Pertanyaan

Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali …

  • Titik
  • Lukisan
  • Garis
  • Bidang
  • Ruang

Jawabannya adalah Lukisan.

Seni rupa memiliki beberapa unsur dasar didalamnya, yaitu titik, garis, ruang, bentuk, bidang, warna, tekstur, dan gelap terang. Jadi yang tidak termasuk unsur seni rupa pada pertanyaan diatas adalah Lukisan.

Lukisan tidak bisa dikatakan sebagai unsur dasar seni rupa, karena lukisan merupakan hasil karya seni yang sudah jadi dan bukan termasuk unsur dasar. Lukisan adalah adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Baca :   Tuliskan Ciri Ciri Ikan Sebagai Makhluk Hidup Yang Kamu Ketahui

Unsur Dasar Seni Rupa

Unsur seni rupa adalah bagian-bagian kecil yang membentuk kesatuan padu sehingga sebuah karya seni dapat dinikmati secara utuh oleh indera manusia, terutama penglihatan dan peraba.

Unsur yang terdapat dalam seni rupa jumlahnya ada delapan, mulai dari titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, ruang, dan pencahayaan (gelap terang). Adapun penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut.

1. Titik

Titik adalah unsur yang paling dasar dan paling sederhana dalam seni rupa. Dari sebuah titik, dapat terwujud sebuah garis, dari garis dapat menjadi sebuah bidang dan dari kumpulan bidang dapat terbentuk sebuah volume.

2. Garis

Garis adalah kumpulan titik-titik yang beraturan dan berkesinambungan yang memanjang ke dua arah. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang. Adapun jenis garis yaitu garis lurus, garis lengkung datar, dan garis lengkung ruang.

3. Bidang

Bidang adalah pengembangan dari suatu bentuk garis yang membatasi bentuk sehingga membentuk bidang yang melingkupi dari beberapa sisi. Bidang memiliki sisi panjang dan lebar dengan ukuran tertentu.

4. Bentuk

Bentuk adalah titik temu antara ruang dan massa. Dalam seni rupa bentuk merupakan wujud yang terdapat di dalam dna terlihat nyata. Bentuk adalah unsur seni rupa yang dapat digunakan untuk mengontrol cara seniman dalam memandang karya seni.

five. Tekstur

Tekstur adalah sifat atau keadaan suatu permukaan bidang/permukaan benda pada sebuah karya seni rupa. Tekstur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata adalah nilai raba yang sama antara pennglihatan dan rabaan, sedangkan tekstur semu adalah kebalikannya yaitu berbeda.

six. Ruang

Ruang dalam seni rupa adalah unsur yang menunjukkan kesan keluasan, kedalaman, cekungan, jauh dan dekat suatu karya seni. Ruang dikelompokkan menjadi dua, yaitu ruang bentuk nyata (seperti: ruangan kamar atau patung), dan ruang bentuk khayalan (seperti: ruangan yang terkesan dari sebuah lukisan).

Baca :   Kemeja Pink Cocok Dengan Celana Warna Apa

vii. Warna

Warna dalam seni rupa adalah kesan yang timbul oleh pantulan cahaya mata. Warna dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu warna pokok (primer), warna sekunder, dan warna tersier.

8. Gelap Terang

Gelap terang adalah seni rupa yang bisa memiliki intensitas cahaya yang berbeda-beda pada setiap bagiannya. Contohnya seperti pemandangan alam yang digambarkan dengan cara yang berbeda pada setiap bagiannya. Dengan adanya intensitas cahaya yang berbeda tersebut akan menimbulkan kesan mendalam dalam suatu karya seni.

Baca juga:Unsur Seni Rupa yang Paling Sederhana

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “Berikut Ini adalah Unsur Dasar Seni Rupa Kecuali?” beserta penjelasan unsur seni rupa. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Berikut Ini Unsur Unsur Seni Rupa Kecuali

Source: https://www.freedomsiana.id/unsur-unsur-dasar-seni-rupa/#:~:text=Berikut%20ini%20adalah%20unsur%20dasar%20seni%20rupa%20kecuali%20%E2%80%A6&text=Jawabannya%20adalah%20Lukisan.,pada%20pertanyaan%20diatas%20adalah%20Lukisan.

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …