Berikut Ini Merupakan Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli Kecuali

Berikut Ini Merupakan Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli Kecuali

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli – Setiap olahraga yang kita ketahui pasti ada kesalahan-kesalahan dan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Padahal pelanggaran itu telah ditetapkan dan wajib dihindari, termasuk dalam permainan bola voli.

Oleh karena itu, agar pemain bola voli bisa bermain dengan baik dan benar, ia harus mengetahui apa saja pelanggaran-pelanggaran yang harus ia hindari.

Pemain yang mengetahui pelanggaran apa saja yang harus dihindari pasti akan berhati-hati dalam bermain.

Munculnya peraturan bola voli juga karena adanya berbagai macam variasi permainan bola voli seperti permainan bola voli mini. Maka, pemain yang ingin menjadi atlet profesional wajib mengetahui pelanggaran-pelangaran yang harus ia hindari.

Mengenal Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

eSumber: Earth of Volley

#1. Kesalahan Saat Service

Saat melakukan service, banyak pemain yang melakukan pelanggaran. Padahal, tahapan penting dalam permainan olavoli adalah service.

Ada pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan pemain bola voli saat mereka melakukan service. Inilah dia pelanggaran yang sering dilakukan:

  • Saat akan melakukan service, pemain malah terlalu lama mengambilnya, atau saat mau melakukan service malah mengulur-ngulur waktu.
  • Saat pemain melakukan service, ia tidak memukul bola tersebut dengan tangan dan ia juga tidak melambungkan bola voli terlebih dahulu.
  • Bola yang telah di service oleh salah seorang pemain malah tidak masuk ke surface area lapangan atau malah keluar area lapangan. Selain itu, bola yang di service malah menyentuh internet, melewati sisi pembatas, atau bahkan melewati bawah cyberspace.
  • Saat pemain melakukan service, posisi malah diangkat dan kaki pemain menginjak garis batas lapangan bola voli.

#ii. Pelanggaran atau Kesalahan Net

Setelah membahas tentang kesalahan dan pelanggaran pemain saat melakukan service, ada juga pemain yang melakukan pelanggaran terhadap net.

Pelanggaran ini sering dilakukan para pemain bola voli. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menjadi pemain bola voli yang baik, maka harus benar-benar tahu pelanggaran apa saja yang sering terjadi.

Inilah dia pelaggaran-pelanggaran yang sering terjadi pada net :

  • Saat pertandingan bola voli masih atau sedang berlangsung, ada pemain yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh tiang net atau net.
  • Sebelum lawan memberikan serangan mereka, pemain mengulurkan tangannya melewati atau melebihi net pembatas dan menyentuh bola.
  • Saat pertandingan bola voli berlangsung atau saat bola masih hidup, ada pemain yang kakinya menginjak atau melewati garis tengah lapangan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering dilakukan oleh pemain adalah mengganggu lawan. Gangguan yang biasa dilakukan oleh pemain adalah dengan menarik baju pemain lawan. Pelanggaran ini juga membuat kaki pemain masuk melewati batas net.

#3. Pemain Keluar dari Posisi

Pelanggaran selanjutnya yang harus diperhatikan oleh pemain bola voli adalah posisi mereka ketika berlangsung pertandingan. Dalam posisi mereka, kadangkala ada pemain yang keluar dari posisinya yang semestinya ia tidak keluar dari posisi tersebut.

Inilah dia kesalaanh pemain yang sering mereka lakukan:

  • Pemain yang akan melakukan service atau server menginjak atau malah kelaur garis yang telah disediakan untuk service atau garis pembatas khusus untuk service sebelum ia memukul bola kepada lawan.
  • Ketika server akan melakukan pukulan service terhadap bola, ada pemain yang malah tidak berada di posisi yang seharusnya ia berada di posisi tersebut.
  • Setiap pemain yang berada di lapangan mendapatkan giliran melakukan service. Apabila ada pemain yang melakukan service diluar bagiannya, maka hal tersebut dianggap salah atau melanggar peraturan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering terjadi adalah saat pemain belakang melakukan serangan. Ia malah melewati garis serang sehingga ia mendapat pelanggaran.
  • Ada pemain belakang yang melakukan block secara tidak disengaja atau sengaja saat berada di dekat net.
  • Pelangaran selanjutnya adalah saat ada pergantian pemain yang sebelumnya diganti lalu bermain kembali. Ia malah bermain di lapangan bukan pada posisi sebelumnya atau posisi semula.

#4. Pelanggaran Ketika Bermain

Selain kesalahan-kesalahan yang sering muncul dalam pertandingan bola voli, ada juga pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi ketika permainan sedang berlangsung. Pelanggaran-pelanggaran itu diantaranya adalah:

  • Ketika permainan bola voli sedang berlangsung, ada pemain yang melakukan pukulan dua kali secara bersamaan oleh dirinya sendiri.
  • Ketika terjadi kontak bola tiba-tiba dihentikan.  Padahal ketika permainan bola voli sedang berlangsung atau ketika terjadinya kontak, maka bola tidak boleh dihentikan.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain yang malah sengaja membuang atau memukul bola voli keluar lapangan.
  • Secara berturut-turut bola dipukul dua kali, kecuali saat terjadinya kontak antar pemain dengan lawan seacara bersamaan dengan pukulan pemain lawan. Atau saat terjadi dua kali kontak saat melakukan cake antara lawan dengan kawan secara berturut-turut.
  • Pemain melakukan sentuhan dua kali pada bola secara berturut-turut tanpa adanya kontak bersama lawan terlebih dahulu.
  • Ketika terjadinya pergantian pemain, pengganti tidak melaporkan terlebih dahulu kepada petugas pencatat atau kepada wasit saat pertandingan di mulai.
  • Pemain yang sebelumnya sudah diganti dua kali atau ia bermain dan diganti sebanyak dua kali, maka yang ketiga kalinya ia main secara sengaja atau tidak sengaja. Hal tersebut merupakan pelanggaran.
  • Dalam permainan bola Voli, setiap tim hanya diberikan waktu time out satu kali dalam pertandingan. Artinya kalau seandainya tim yang sedang bermain di lapangan meminta time out kedua, maka hal tersebut merupakan pelanggaran bagi tim tersebut.
Baca :   Desain Tempat Cuci Baju Belakang Rumah

#5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku

Pelanggaran terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah pelanggaran tingkah laku yang dilakukan oleh pemain. Kadangkala juga terjadi pelanggaran saat pertandingan berlangsung akibat tingkah laku yang dilakukan pemain.

Inilah dia pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi:

  • Pelanggaran pertama yang sering terjadi adalah mengeluarkan kata-kata kasar atau kata-kata tidak sopan, baik itu dilakukan oleh pemain, pelatih atau bahkan manajer. Selain dari kata-kata juga melakukan perbuatan-perbuatan yang mencela atau menghina pemain.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain pengganti, pelatih, manajer atau suporter dari tim yang mendukungnya tersebut tiba-tiba masuk lapangan.
  • Untuk mengalihkan perhatian dari para pemain lawan, maka pemain melakukan hentakkan kaki keras-keras atau berteriak dengan keras saat sedang berlangsung pertadingan.

Itulah dia pelangaran-pelanggaran yang sering terjadi pada permainan bola voli. Apabila kamu ingin menjadi pemain yang baik dan profesional, maka pelanggaran-pelanggaran di atas harus dihindari sehingga kamu tidak memiliki catatan merah.

Itulah informasi yang dapat kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian ya, Pins! Selaiinformasi mengenai pelanggan permainan voli, sebagai seorang pemain handal kamu perlu memahami tentang fomasi bola voli serta berlatih dengan rajin. Cntohnya adalah dengan melakukan latihan fisik bola voli dan melakukan latihan passing bola voli.

Temukan pilihan rumah terlengkap seperti perumahan Rumah Milenial PIK 2 di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Holding Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Featured image source: YouTube

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar



Abode





Forums

>



Pelajaran

>



PenJasKes

>


Discussion in ‘PenJasKes’ started by nur amelia,
Mar 26, 2016.

ads

[You must log in or sign upwards to respond here.]

ads

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar



Domicile





Forums

>



Pelajaran

>



PenJasKes

>


Lihat Foto

KOMPAS.com/SUCI RAHAYU

Pemain bola voli putri Jawa Timur saat melawan Jawa Tengah PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 3-1 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/ix/2021] sore.

KOMPAS.com
– Satu kesalahan dalam bola voli berakibat fatal. Sebab, membuat kesalahan sama saja memberikan satu poin gratis untuk lawan.

Oleh sebab itu, menghindari kesalahan dalam bola voli amatlah penting.

Di bawah ini adalah kesalahan dalam permainan bola voli, kecuali melakukan smash ketika bola di atas internet.

Satu kesalahan dalam bola voli berarti melakukan pelanggaran. Apa saja pelanggaran-pelanggaran atau kesalahan-kesalahan dalam bola voli?

Baca juga: Kapan Deuce Terjadi dalam Permainan Bola Voli?

  1. Pemain melewati garis tengah secara sengaja maupun tidak.
  2. Anggota badan pemain menyentuh net meskipun tidak sengaja.
  3. Melempar atau menangkap bola.
  4. Sentuhan bola lebih dari tiga kali.
  5. Menyentuh bola dua kali secara berturut-turut.
  6. Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan yang tidak sempurna atau double.
  1. Saat melakukan servis, pemain menginjak atau melewati garis servis.
  2. Gagal melakukan servis bola karena keluar dari lapangan.
  3. Bola servis gagal melewati net.

Baca juga: Apakah Pemain Belakang Bola Voli Boleh Melakukan Smash?

Pelanggaran Netting

Jenis pelanggaran lainnya dalam permainan bola voli adalah yang berhubungan dengan net.

Pemain dianggap melakukan pelanggaran jika sengaja atau tidak sengaja menyentuh net saat permainan voli sedang berlangsung.

Selain itu, pemain juga dianggap melakukan foul jika pemain mengulurkan tangan melebihi atau melewati net pembatas dan menyentuh bola sebelum tim lawan menyelesaikan serangan mereka.

Baca :   Perbedaan Natur E 100 Dan 300

Baca juga: Sejarah Bola Voli di Indonesia

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Lihat Foto

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

Pebola voli Republic of indonesia 1 Rivan Nurmulki melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa [thirteen/2/2017]. Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com
– Sama seperti cabang olahraga lain, bola voli juga terdapat istilah foul atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pelanggaran.

Dalam dunia olahraga termasuk bola voli, sebuah pelanggaran mungkin disengaja atau tidak disengaja.

Oleh karena itu, setiap pemain wajib mengetahui jenis-jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan dalam permaianan bola voli.

Pelanggaran dalam Bola Voli

Baca juga: Libero: Pengertian, Aturan Khusus, dan Tugasnya dalam Bola Voli

Sama seperti olahraga lainnya, setiap pemain di suatu cabang olahraga harus mengetahui cara bermain dan aturan-aturan yang berlaku.

Namun, biasanya dalam pertandingan olahraga termasuk bola voli beberapa kesalahan tetap dilakukan baik disengaja maupun tidak disengaja. Karena hal tersebut maka terjadilah sebuah pelanggaran.

Dalam permainan bola voli ada beberapa jenis-jenis pelanggaran.

Dilansir dari Amend your volley.com, berikut adalah pelanggaran-pelanggaran dalam permainan bola voli:

Baca juga: Cara Melakukan Servis Atas pada Bola Voli

Meski terkesan sepele, jika pemain melakukan kesalahan dalam servis, maka akan dianggap wasit sebagai pelanggaran.

Pelanggaran yang terjadi saat servis adalah sebagai berikut

  1. Saat melakukan servis, pemain menginjak atau melewati garis servis.
  2. Gagal melakukan servis bola, dalam artian jika bola melewati bawah net, dan keluar dari lapangan.

Baca juga: Teknik Passing Bawah dalam Bola Voli

Jenis pelanggaran lainnya dalam permainan bola voli adalah yang berhubungan dengan internet.

Pemain dianggap melakukan pelanggaran jika sengaja atau tidak sengaja menyentuh net saat permainan voli sedang berlangsung.

Selain itu, pemain juga dianggap melakukan foul jika pemain mengulurkan tangan melebihi atau melewati net pembatas dan menyentuh bola sebelum tim lawan menyelesaikan serangan mereka.

Selain itu, apa lagi pelanggaran-pelanggaran dalam bola voli?


Baca juga: Ukuran Lapangan Voli Sesuai Standar Internasional dan Nasional

  1. Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan yang tidak sempurna atau double.
  2. Melakukan dua kali sentuhan secara berturut-turut pada bola tanpa adanya kontak dengan lawan terlebih dahulu. Artinya, seorang pemain bola voli diperbolehkan menyentuh bola maksimal sebanyak satu kali.
  3. Sementara setiap tim hanya diperbolehkan melakukan sentuhan sebanyak tiga kali.
  4. Dalam permainan bola voli, pemain mendapat giliran servis masing-masing, maka ketika seorang pemain melakukan servis di luar gilirannya maka akan dianggap pelanggaran.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Dalam setiap permainan olahraga tentunya terdapat beberapa kesalahan yang terjadi di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa penjelasan mengenai 10 pelanggaran dalam permainan bola voli yang paling umum dilakukan.

Beberapa Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Ketika melakukan sebuah permainan olahraga, penting bagi seseorang untuk mengetahui cara bermain dan aturan-aturan yang tidak boleh dilakukan. Akan tetapi biasanya dalam pertandingan bola voli beberapa kesalahan tetap dilakukan. Yuk simak bentuk pelanggaran dalam kegiatan tersebut.

i. Kesalahan saat Melakukan Servis

Servis merupakan bagian terpenting dalam permainan bola voli. Akan tetapi pemain biasanya juga melakukan pelanggaran. Pertama, mereka mengulur waktu terlalu lama saat mengambil bola. Kedua, pemain tidak memukul bola dengan tangan.

Ketiga, bola servis keluar lapangan pertandingan, melewati bawah internet, menyentuh cyberspace atau bahkan melewati sisi batas internet. Keempat, kaki pemain menginjak garis batas ketika melakukan servis serta posisi kaki juga diangkat. Kelima, mereka tidak melambungkan bola terlebih dulu.

BACA JUGA:
Blocking Bola Voli: Ketahui Pengertian dan Triknya Berikut Ini!

two. Kesalahan atau Pelanggaran Net

Selain kesalahan saat melakukan servis, pemain biasanya juga mendapatkan pelanggaran yang berhubungan dengan cyberspace. Pertama sengaja maupun tidak, pemain biasanya menyentuh tiang internet saat permainan voli masih berlangsung.

Baca :   Stone Carving Adalah Patung Yang Terbuat Dari Bahan

Kedua, pemain mengulurkan tangan melewati atau melebihi net sebelum tim lawan menyelesaikan serangan mereka. Ketiga, mengganggu lawan baik dengan cara menyentuh maupun menarik kaos voli agar fokus menjadi teralihkan.

three. Pemain Keluar dari Posisi yang Seharusnya

Posisi dari masing-masing pemain saat permainan bola voli sedang berlangsung sangat penting untuk diperhatikan. Kesalahan yang sering dilakukan yaitu pertama ketika melakukan service mereka menginjak daerah untuk melakukan servis sebelum dipukul ke arah lawan.

Kedua, pemain tidak berada dalam posisi dimana mereka harusnya berdiri ketika melakukan servis atau memukul bola. Ketiga, pemain pengganti kembali masuk dalam permainan yang berlangsung tetapi menempati tempat berbeda dari sebelumnya.

4. Pelanggaran Ketika Sedang Bermain

Saat pertandingan sedang berlangsung, tentu terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan pemain. Di antaranya yaitu pertama, ketika bola dalam posisi permainan dipukul dua kali secara bersamaan oleh satu orang. Kedua, memukul bola dua kali berturut-turut.

Ketiga, melakukan dua kali sentuhan secara berturut-turut pada bola tanpa adanya kontak dengan lawan terlebih dahulu. Keempat, pemain secara sengaja ataupun tidak memasuki lapangan permainan voli lebih dari iii kali.

5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku Pemain, Pelatih, dan Managing director Tim

Pelanggaran akibat tingkah laku orang-orang yang terlibat dalam pertandingan tersebut juga sering terjadi. Di antaranya yaitu pertama, baik dari pemain, pelatih, ataupun manager tim mengeluarkan atau mengucapkan kata-kata kasar dan kurang sopan.

BACA JUGA:
Servis Bawah Bola Voli: Kenali Tekniknya Berikut Ini!

Kedua, pemain pengganti, pelatih, manajer tim ataupun supporter dari salah satu peserta masuk ke dalam lapangan selama pertandingan masih berlangsung. Ketika, menghentakkan kaki maupun berteriak dengan keras guna mengalihkan perhatian lawan.

half dozen. Melempar atau Menangkap Bola Saat Pertandingan Berlangsung

Ketika sedang bermain permainan bola voli, pemain tidak diperbolehkan untuk melempar maupun menangkap bola. Jadi, benda tersebut harus dipantulkan karena hal itu sudah menjadi peraturan dari olahraga ini sehingga akan dihitung sebagai bentuk pelanggaran.

Maka dari itu, jika Anda sedang bermain bola voli alangkah baiknya untuk tidak melempar atau menangkap bola agar pelanggaran dapat dihindari. Cukup lakukan sesuai aturan yang ada sehingga permainan menjadi lebih seru dan tidak tersendat karena sebuah kesalahan.

7. Pelanggaran saat Melakukan Smash

Ketika melakukan smash, terkadang seorang pemain secara tidak sadar melewati garis pembatas net sehingga masuk ke daerah lawan. Meskipun kaki mereka tidak jatuh di sana, akan tetapi saat melompat mereka mengayunkan ke depan.

Hal itu sama saja mereka melewati garis pembatas. Jadi, ketika Anda bermain bola voli harap perhatikan posisi dengan betul sehingga yang tadinya dapat menjadi poin tim sendiri malah diambil oleh lawan.

eight. Pelanggaran Ketika Menggunakan Dua Kali Time Out

Ketika bermain dalam sebuah pertandingan bola voli, biasanya salah satu tim merasa butuh mengatur kembali strategi. Maka dari itu, salah satu dari keduanya biasanya meminta sedikit waktu yang biasanya disebut fourth dimension out.

Time out ini dalam setiap pertandingan bola voli hanya satu kali kesempatan yang boleh digunakan. Jika tim memintanya 2 kali, maka itu dianggap pelanggaran. Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan baik ketika sedang bermain.

BACA JUGA:
Peraturan Bola Voli secara Umum

9. Pelanggaran Pemain Pengganti Saat akan Masuk Lapangan

Sebuah pelanggaran yang terjadi di tengah-tengah pertandingan bola voli tidak hanya dilakukan oleh mereka ketika berada di lapangan saja. Pemain pengganti pun dapat melakukan kesalahan ketika akan masuk menggantikan rekan lainnya.

Pemain pengganti akan dianggap melanggar jika mereka tidak memberikan laporan kepada wasit atau pencatat pertandingan ketika akan masuk ke lapangan untuk menggantikan rekan satu timnya. Jadi, lapor dulu ya saat akan bermain.

10. Pelanggaran Saat Pemain Sengaja Membuang Bola Keluar Lapangan

Ketika berada di tengah-tengah pertandingan bola voli, terkadang ada salah satu pemain yang dengan sengaja memukul atau membuang bola keluar lapangan. Ternyata hal itu masuk pada salah satu bentuk pelanggaran dalam olahraga ini.

Selama pertandingan masih berlangsung, pemain tidak diperbolehkan untuk membuang bola keluar lapangan dengan sengaja. Karena hal tersebut dapat mengganggu jalannya pertandingan yang kemudian membuatnya menjadi kurang nyaman.

Demikian beberapa penjabaran mengenai 10 pelanggaran dalam permainan bola voli yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca ketika akan bermain olahraga satu ini.

Video yang berhubungan

Berikut Ini Merupakan Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli Kecuali

Source: https://lovelyristin.com/sebutkan-3-pelanggaran-dalam-permainan-bola-voli

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …