## Ini Dia Ciri-Ciri Musik Pop yang Kamu Harus Tahu

Siapa yang tidak mengenal musik pop? Jenis musik yang satu ini bisa dikatakan paling populer dan paling banyak didengar oleh masyarakat. Musik popular sangat familier dan lagu popular terbaru terus bermunculan.

Tidak mengherankan apabila musik pop begitu digemari. Jenis musik ini cocok didengar di segala situasi dan
easy listening. Namun ternyata musik popular tidak hanya sekadar
easy listening
saja lho, masih ada hal lain yang menjadi ciri-ciri musik pop yang membuatnya mudah mendapatkan pendengar.

Lalu apa saja ciri-ciri musik popular yang lain? Yuk simak penjelasan apa itu musik pop, bagaimana perkembangannya dan apa saja ciri-ciri musik pop berikut ini.

Apa Itu Musik Pop?

Prototype source: play-guitars.com

Musik pop sering diartikan sebagai musik yang memiliki ciri-ciri irama sederhana sehingga mudah dikenal dan digemari masyarakat. Biasanya musik pop digemari dalam periode waktu tertentu. Jadi genre pop sebenarnya mudah hilang dan juga tidak tahan lama, untuk kemudian digantikan dengan lagu baru.

Bentuk, lirik dan aransemen popular cenderung sederhana karena lebih bertujuan agar mudah diingat dan menghibur masyarakat. Menurut Shuker (2005), musik pop fokus pada bagian
chorus
atau inti lagu, mengangkat tema romantis, serta berorientasi pada kepentingan komersial.

Perkembangan Musik Pop

article image

Prototype source: grammy.com

Musik pop mulai dikenal luas sejak era 1950-an di Amerika Serikat dan Inggris. Pada awalnya musik pop dinilai mirip dengan musik rock, tetapi lama-kelamaan masyarakat mulai menyadari perbedaan keduanya.

Ciri-ciri musik pop memiliki karakteristik yang lebih lembut dibandingkan dengan musik rock. Genre musik ini pun berkembang pesat setelah The Beatles muncul di Inggris pada era 1960-an dan berhasil memengaruhi perkembangan musik di negara lain, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri bermunculan kelompok musik seperti Dara Puspita, Koes Bersaudara dan lain-lain.

Baca :   Perbedaan Kedaulatan Kedalam Dan Kedaulatan Keluar

Di era 1980-an, Michael Jackson mencapai popularitas dan menggebrak dengan musik pop yang digandrungi di seluruh dunia hingga membuatnya dijuluki Male monarch of Pop. Kemudian memasuki era 1990-an, musik pop terus berkembang dan banyak dipadukan dengan jenis musik lain sehingga menciptakan genre musik baru, seperti pop rock, pop jazz, remix dan lain-lain.

Ciri-Ciri Musik Pop

article image

Image source: supermusic.id

Musik popular sebenarnya mudah dibedakan dengan jenis musik yang lain. Berikut ini adalah ciri-ciri musik popular.

  1. Memiliki melodi yang mudah dicerna oleh masyarakat.
  2. Mudah dikombinasikan dengan genre musik yang lain dan menghasilkan genre baru yang lebih segar.
  3. Memiliki lirik dengan kata-kata sederhana dan mudah dipahami masyarakat.
  4. Terkadang lirik lagu popular disesuaikan dengan isu atau tren yang sedang populer di masyarakat.
  5. Memiliki harmoni yang tidak terlalu rumit. Namun memiliki tempo yang cukup bervariasi, mulai dari tempo lambat (tedious) hingga tempo cepat.
  6. Alat musik yang biasanya digunakan untuk jenis musik popular antara lain gitar, bass, pianoforte, drum dan keyboard.

Jenis-Jenis Musik Popular

Nah, musik pop sendiri memiliki beberapa jenis lagi lho! Musik popular memiliki lingkup yang sangat luas sehingga dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Jenis-jenis musik pop tersebut antara lain musik pop standar, musik pop kreatif dan musik popular balada.

Masing-masing genre memiliki ciri-ciri tersendiri. Untuk membedakannya, yuk simak ciri-ciri musik pop dari masing-masing genre tadi berikut ini.

Musik Pop Standar

article image

Image source: liputan6.com

Ciri-ciri musik pop standar yang paling mudah dikenali adalah memiliki melodi yang sederhana. Selain melodi yang sederhana, liriknya pun juga sederhana dan mudah diingat oleh pendengar. Jenis musik ini juga sangat fleksibel dan mudah dikombinasikan dengan genre lain.

Baca :   Jelaskan Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis musik pop standar dengan ciri-ciri seperti tadi. Salah satu musisi yang selalu menghasilkan musik pop yang mudah diingat masyarakat adalah Maia Estianty. Coba deh dengar lagi lagu Teman Tapi Mesra dan Emang Gue Pikirin, gampang banget kan
nempel
di kuping?

Musik Popular Kreatif

article image

Image source: cultura.id

Genre berikutnya adalah musik pop kreatif. Ciri-ciri musik pop kreatif adalah memiliki ritme, harmoni, melodi dan instrumen yang terdengar unik. Gaya musik pop kreatif terdengar berbeda dengan musik popular standar atau musik pop kebanyakan.

Musik pop kreatif dihasilkan dari perpaduan antara musik popular dengan genre lain seperti jazz, rock, dangdut, klasik dan lain-lain. Kamu bisa mendengarkan musik pop kreatif dari beberapa penyanyi seperti Andien yang memadukan pop dengan jazz atau Isyana Sarasvati yang memberi sentuhan klasik pada musiknya.

Walaupun dipadukan dengan genre lain, musik pop kreatif
tetap mudah dicerna dan dapat dinikmati dengan santai. Salah satu contoh adalah lagu pop dangdut yang dinyanyikan Via Vallen berjudul Meraih Bintang yang menjadi
theme song
Asian Games 2018 lalu.

Dengan melodi yang mudah diingat menjadikan lagu Meraih Bintang cepat populer dan tanpa sadar membuat kamu menyenandungkan “yo yo ayo” yang menjadi bagian dari lirik lagu tersebut.

Musik Popular Balada

article image

Image source: fader.id

Terakhir adalah musik pop balada. Ciri-ciri musik pop balada adalah memiliki tempo yang bervariasi. Umumnya musik pop balada memiliki lirik yang lebih dalam dan ekspresif, bisa sedih, keras atau jenaka. Kemudian melodinya sendiri dibuat berdasarkan lirik lagu.

Musik pop balada merupakan salah satu jenis musik yang sering menemani di saat galau. Tidak sedikit lagu pop balada diciptakan berdasarkan keresahan dan isu sosial yang berkembang di masyarakat, misalnya lagu-lagu Iwan Fals seperti Umar Bakrie. Contoh lain musik popular balada Indonesia adalah lagu-lagu Ebiet G. Ade.

Baca :   Dalam Tenis Meja Bola Dipotong Arahnya Disebut

Untuk penyanyi luar negeri, Adele adalah jagonya musik popular balada. Kamu pasti setuju lagu-lagu Adele seperti Hello, Someone Like Y’all dan All I Ask memiliki lirik yang dalam dan ekspresif.

Cek juga artikel lainnya tentang musik di bawah ini:

Artikel


Nah itulah ciri-ciri musik pop sebagai genre yang paling digemari oleh masyarakat. Tidak hanya
easy listening, musik pop juga memiliki lirik yang sering kali mewakili perasaan dan situasi yang sedang kita alami. Jangan lupa cek Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan
event-effect.

Mall

featured paradigm source: briannefaye.com