Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full

Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full

  • Rawatan Hariannya gimana nih Om Herri

    punya saya juga lagi dorong ekor
    sblm mabung sekitar fifteen cm

    salam

    Callid

    BalasHapus



    Balasan

    1. Rawatan hariannya:
      ane. Jangkrik pagi 4-5 sore 4-5.
      ii. Kroto jika ada cukup 2x seminggu 1 cepuk.
      3. Mandi cukup dalam cepuk yang diletakkan dalam sangkar.
      4. Tidak ada penjemuran. Sesekali boleh di sinar matahari pagi dengan durasi tidak lebih dari 10 menit.
      5. Total krodong dengan pembersihan kotoran setiap pagi.
      6. Full pemasteran.


      Hapus

    2. Terimakasih banyak Om Herry jawabannya sangat membantu saya sebagai seorang pemula MB

      Salam

      Callid


      Hapus

  • salam om herry, om maaf numpang tanya soal isian MB nih om, saya dirumah ada MB kalo lagi ngeriwik isian kaya kenari, LB, srindit, dan jenggot sering keluar tapi kenapa pas lagi ngeplong ga keluar ya om? kemudian MB ini pernah saya coba turunin kelapangan 2 minggu yg lalu, kerja nya saya puas banget om ngeplay dari awal digantang sampe diturunin, hanya saya ga puas banget dengan volume nya kurang keras (malah lebih keras suara penonton hehehe) ada saran ga om bagaimana supaya MB bongkar isian dilapangan dan volume nya bisa lebih keras, selama disaya hampir 2-3 bulan emang ga pernah masuk umbaran, kata pemilik sebelum saya pun sudah hampir di dia belum pernah masuk umbaran,
    disaya setingangan nya hanya

    – EF 8 P/S
    – kroto i sendok P/s
    – jemur jam 8-10 pagi
    – mandi sore

    maaf ya om kalo jadi curhat, mohon saran nya om…
    terima kasih, salam hormat. Ario

    BalasHapus



    Balasan

    1. Volume tidak bisa disetting, artinya setiap MB memiliki kemampuan volume yang berbeda-beda. Sama seperti manusia ada yang kemampuan oktafnya tinggi (biasanya roker) dan ada yang oktafnya rendah.
      Agar mau bongkar isian, MB harus fasih dulu membawa suara isian dan harus dalam kondisi prima serta ngotot pada saat bertemu lawannya.
      Settingan harian MB anda cenderung tinggi, coba sedikit dikurangi dan pada saat menjelang lomba pada dinaikkan perlahan. Lihat hasilnya dan jika masih belum optimal, settingan menjelang lombanya dinaikkan lagi. Khusus settingan harian sebaiknya jangan diganggu gugat.


      Hapus

    2. Asslmkm…numpang nanya bang
      MB saya lg mabung sekitar 1 bln ekor sdh rontok semua bahkan ekor hitam yg panjang sdh tumbuh skitar 1cm tp bulu dada & kepala blm rontok saya mau nanya apakah rawatan mabung dirubah jd rawatan dorong ekor..mohon pencerahannya
      TQ..


      Hapus

    3. Wa’alaikum salam.
      Apakah anda yakin MBnya mabung…????
      Sebab proses mabung juga harus diikuti dengan jatuhnya bulu-bulu halus dan sayap.
      Jika hanya ekor saja, saya khawatir ada yang tidak beres dengan MB anda.
      Jika bulu dada dan kepala terlihat kusam, kondisikan saja mbnya untuk mabung.
      Silahkan anda baca artikel tentang proses mabung.


      Hapus

    4. Asslmkm…numpang nanya om heri…gimana ya cara memaster mb yg benar soalx mb saya sdh dimaster sdh beberapa bln bahkan saat mabung jg dimaster tp ko gk masuk juga pdhl mb saya gacor tp gk ada isiannya..mksh


      Hapus

    5. Coba Mbnya ditempel dengan burung gacor yang dijadikan masteran (Misalnya Kenari, LB, CJ, dll) dengan jarak 1-2 meter. Kondisikan MB dan burung masteran saling melihat. Jangan lakukan hal ini dengan burung Cililin atau pentet, sebab Mbnya nanti bisa galau.


      Hapus

    6. Asslmkm….om Herry numpang tanya om..mb saya lg dorong ekor ( ekor lepas normal selama mabung ) skrng tumbuh skitar 10cm tp bulu ekor yg warna putih yg paling panjang tumbuhnya meruncing (jelek)…apa msh bisa diperbaiki om…mohon pencerahannya…mksh


      Hapus

    7. Biasanya ekor putih pada MB merupakan bagian terakhir dari ekor yang berganti. Jika ekor putih itu merupakan ekor akhir, nanti akan berganti dengan sendirinya.
      Tapi jika itu adalah ekor yang baru tumbuh, prosesnya akan menunggu masa mabung berikutnya.
      Cobalah untuk memandikan MBnya agar ekornya mau kembali rapi, tapi jangan dijemur berlebihan cukup 5-x menit saja di pagi hari.


      Hapus

  • Selamat siang om Heri

    Murai batu saya posisi sekarang juga lagi dorong ekor Om akan tetapi kenapa tumbuhnya cuma 3 ekor yang tanggung ii yang paling panjang cuma ane, padahal sebelumnya ekor tumbuh normal, posisi sekarang panjang sekitar 12 Cm mohon pencerahannya om Heri agar bisa tumbuh normal seperti semula

    Terima kasih, salam hormat. Wildan Malang Jawatimur

    BalasHapus



    Balasan

    1. Sabar saja, nanti juga pasti akan tumbuh dengan sendirinya.


      Hapus

  • Salamm, maap blindside mau nanya lg ni,MB sy yg pernah sy krm ke pos blindside herry skrng mulai rontok tpi msh sedikir tepatnya sehari lalu,mohon pejelasan penanganan yg terbaik menurut blindside herry mulai dari pemberiaan pakan hingga segala sesuatunya yg paling tepat di saat mabung ini hinga selesai , karna sy pegen MB sy bsa lebih baik bentuk fisik dan suara nyanyian dari sebelumya,sy mengangap blindside herrry lbih memahami MB secara keseluruhan,terima ksh sebelumnya bang ,wassalam,,,

    Baca :   Himpunan Penyelesaian Dari Persamaan Cos 2x

    BalasHapus

  • Assalamualaikum om herry, saya yudi disragen.mohon pencerahan sya mempunyai seekor murai batu dari teman katanya murai aceh.sebelumnya ekor panjang.sejak ekornya bodol hingga sekarang tidak kunjung tumbuh.sudah ngevoer.murai yang lain pada saat bodol sudah tumbuh ekornya.wassalamualakum..

    BalasHapus



    Balasan

    1. Wa’alaikum salam.
      MB yang ekornya tercabut biasanya ada yang mau tumbuh sendiri tanpa membutuhkan mabung, tapi banyak juga yang baru akan tumbuh pada saat MB tersebut mabung.


      Hapus

  • mandinya brp x semingu om?
    boleh disemprot ga?

    terima kasih sebelumnya om

    BalasHapus



    Balasan

    1. Mandi bisa dilakukan setiap hari tapi tidak wajib. Boleh koq proses mandinya dengan automobile disemprot jika MBnya merasa nyaman dengan pola tersebut.


      Hapus

  • assalamu’aikum….om numpang tanya ada indukan aceh yang uda jodoh ngga’? anakan murai aceh ngga’? brp? bisa di kirim ke luar prov ngga’? makasih sblmnya….

    BalasHapus

  • assalamualaikum….om,mau nanya nih saya bis ambil murai muda hutan tp masih trotol dah mau ngepor tp giras banget tu om ktanya yg jual dah 2 mingguan disana,ditempat saya 1 minggu,gmn ya om biar cepet jinak northward mau bunyi?
    makasih sebelumnya om

    BalasHapus



    Balasan

    1. Coba biasakan setiap pagi MBnya dimandikan, lalu dijemur di tanah dan ditunggui dengan jarak ane-ii meter hingga bulu MBnya mengering.


      Hapus

  • Mau tanya om.
    Murai saya slalu juara tiap even di medan.
    Sekarang murai saya lagi dorong ekor,tp semenjak ngurak murai saya tidak mau makan voer lagi.
    Cara nya gimana om tunggu slesai mabung baru di ajarin mkn voer lagi atau gimana.
    Saya takut murai drop karna setingan udah ancur.

    BalasHapus

  • mau tanya om Herry,MB saya skr ini mabungnya agak lama,sekarang ini lg proses menjatuhkan bulu ekor,normalkah kl ii hari sekali cm satu helai yang jatuh…makasih

    BalasHapus



    Balasan

    1. Memang ada sebagian MB yang prosesnya mabungnya cepat dan ada juga yang lambat bahkan macet. Ini sering disebabkan oleh pola rawatan dari MB tersebut.
      Coba untuk saat ini MBnya dibuat full krodong, cease mandi jemur, terminate pemberian kroto hingga Mbnya terlihat dorong ekor atau bersalin bulu. berikan UH pagi x sore ten.


      Hapus

  • Mb saya lg mabung dan sekarang lg dorong ekor sekitar 2cm tapi bulu kepala dan dada msh blm berganti semua hanya sekitar 50% saya mau nanya pak apakah perawatan mabung diteruskan atau ganti rawatan dorong ekor…mohon pencerahannya…mksh

    BalasHapus



    Balasan

    1. Sudah saya jawab tuch pertanyaan anada di atas. Coba discroll lagi ke atas.


      Hapus

  • permisi om, mau [email protected]….saya punya MB nias lepas trotol sedang dorong ekor. pemberian EF jangkrik P/S brapa ya, habis mandi boleh di jemur ga, setiap hari total krodong apa 1/2 aja…apa mandi harus rutin tiap hari ?…di gantang dekat MB borneo dewasa boleh ga ?? terima kasih atas pencerahannya om

    BalasHapus



    Balasan

    1. 1. EF Jangkrik pagi 3-5 sore three-five. Kroto bisa 2x seminggu.
      2. Boleh tapi hanya pagi hari dan sekitar v menit saja.
      3. Tidak.
      four. Sebaiknya jangan.


      Hapus

  • Misi om mau nanya.MB saya posisi lg drong ekor.untuk mandi sebaiknya dilakukan tiap hari ap gmana?trus waktu yang pas buat master sbaiknya kapan ya.makasih

    BalasHapus



    Balasan

    1. MB yang sedang dalam proses mabung, mengalami sedikit perubahan dalam pola mandinya. Jika proses dorong ekornya masih pendek (seperti gambar di atas), sebaiknya sediakan saja cepuk mandi di dalam sangkarnya, biarkan si Mb mandi sesukanya dan jangan dipaksakan.
      Jika ekornya sudah terlihat lebih dari 1/ii ekor normalnya, MB bisa dimandikan dikeramba dan sebaiknya dilakukan di pagi hari saja.


      Hapus

  • Saya salah merawat murai dorong ekor, selama ini saya jemur kalau pagi kurang lebih 30 menit, dan mandi kerambah,
    Efeknya apa om kalau lagi dorong ekor di jemur lama dan mandi kerambah.

    Makasih

    BalasHapus



    Balasan

    1. MB yang sedang dorong ekor butuh waktu untuk istirahat. Mandi keramba sebenarnya tidak bermasalah, bahkan itu baik buat MB agar bulu-bulu barunya lebih rapi. Yang menjadi masalah adalah jika penjemuran terlalu lama atau berlebihan, sebab hal ini bisa menyebabkan ekor MB tumbuh tidak maksimal dan daun ekornya menjadi bergelombang atau keriting.


      Hapus

  • Mas herry murai saya lagi dorong ekor dan tumbuh bulu halus di sayap..Biasanya kondisi normal murai dorong ekor berapa lama ya…

    BalasHapus

  • mau tanya ni om herry bagusan mana suaranya mb ekor hitam asal nias dgn mb ekor hitam asal aceh om

    BalasHapus



    Balasan

    1. Bagus atau tidaknya suara MB, lebih dipengaruhi oleh kemampuan vokalnya dan juga pemasterannya. Semakin keras vokalnya dan juga rajin bunyinya serta banyak isiannya, maka MB semakin bagus.


      Hapus

  • Om murai saya siap ngurak sekarang sedang dorong ekor ngimana bagus nya agar ekor nya tumbuh bagus

    BalasHapus

  • Ass.wr.wb Om Heri mau nanya, kalau MB sedang dorong ekor (baru aja bondol) kan setting Jangkrik 5 p/southward dan kroto. Nah… mslhnya di daerah saya sulit kroto Om. Sbg variasi saya ks ikan cere/gupy 2 ekor seminggu sekali. Kira2 ada saran yg lain? Apa blh dimandi karamba yaa ekor bondol begitu? Tks. Wass.

    BalasHapus



    Balasan

    1. Wa’alaikum salam.
      Boleh saja memanfaatkan ikan sebagai EF, sebab ikan juga kaya akan protein dan kalsium (sangat bagus untuk proses pertumbuhan, khususnya pada saat mabung atau dorong ekor).
      Mandi boleh saja, tapi jangan dijemur cukup diangin-anginkan saja. Penjemuran dikhawatirkan bisa merusak atau mengganggu proses pertumbuhan ekor, di mana ekor cenderung tidak akan tumbuh maksimal dan juga bisa merusak struktur ekor menjadi kriting.


      Hapus

    2. Bnr Om stlh mandi bulu ekor yg awalnya tdk rapi… (seperti kaku dan njepat2) menjadi rapi. Bahkan jd kelihatan bulu putihnya jg sudah tumbuh dibagian bawahnya. Tks banyak atas infonya dan masukannya Om.


      Hapus

  • Asalamu alaikum om heri,, murai sinabang saya sedang dorong ekor dan ekor nya sudah lebih panjang dari sebelum,, tapi ekor yg no. ii dari yg paling panjan kok belum yusun rapi masi keluar,, yang saya tanyakan itu tandanya apa belum tuntas dorong ekor,,, makasih ats penjelasanya

    BalasHapus



    Balasan

    1. Wa’alaikum salam.
      Proses tumbuh ekor atau dorong ekor yang alami dan normal ditandai dengan tumbuhnya ekor secara bersamaan dan terlihat rapi.
      Jika ada yang terlihat tidak rapi, kemungkinan MBnya masih giras atau suka tidur di dekat jeruji sehingga menyebabkan daun ekornya pecah-pecah.
      MB Sinabang, rata-rata berekor pendek ada di kisaran 10-xiii cm saja.


      Hapus

  • ass om hery…
    salam kicau…. mau tanya om, sy py MB sudah dorong ekor sekitar lxx%, apa efeknya bila sy umbar siang malam om? dan gmna setting EF, mandi, dan jemurny?? trims om…

    BalasHapus



    Balasan

    1. Efeknya, MB akan terlihat ramping pada saat full ekornya. Settingan EF sebaiknya ditambah sebab MB sedang butuh nutrisi. Mandi boleh tapi jangan jemur berlebihan, nanti ekornya cepat rusak atau kriting.


      Hapus

  • maaf Herry… mau tanya om… proses dorong ekor itu biasanya berapa lama y om?? soal_y saya beli MB Lampung Super pas lagi dorong ekor.. ini udh hampir 1 bulanan kok ekornya masih keliatan sama kaya pas pada saat saya beli om… makasih om…

    BalasHapus



    Balasan

    1. Proses dorong ekor dari mulai tumbuh ekor hingga maksimal berkisar antara one-2 bulan.


      Hapus

  • Mf om herry mau tanya..MB saya hbs kena kutu..bulu semua rusak..setelah sy obati..bulu ekor dan sayap sy cabut..Sekarang sdh tumbuh dan dorong ekor..tp kenapa ga mau ngeplong y om..cm ngriwik aj…gmn om crnya biar MB sy bisa ngeplong..
    Carte saat ini

    Jangkrik p/s 4
    Sama pelet lele.
    Mohon pencerahanya om.
    Mksh.

    BalasHapus



    Balasan

    1. MB sedang dalam proses pertumbuhan bulu, cenderung sedang mengalami rasa sakit, sehingga lebih banyak diam atau hanya ngeriwik saja. Saran saya, full krodong saja MBnya, EF tambah kroto three-4x seminggu dan jangan lupa dimaster suara burung isian. Lakukan hingga full dorong ekor.


      Hapus



  • Balasan

    1. Selanjutnya, settingan EF diturunkan secara bertahap ke kondisi sebelumnya, agar si MB mau makan voer lagi.


      Hapus

  • Durasi dorong ekor brp bulan ya klo blh berbagi ilmu,
    Serta brp lama murai batu siap d trek selepas dorong ekor

    BalasHapus



    Balasan

    1. 6-viii minggu.
      3-iv minggu setelah itu.


      Hapus

    2. 6-8 minggu.
      3-4 minggu setelah itu.


      Hapus

  • Om Herry..tanya. Murai batu aceh (sinabang) noktah 6 saya lg hbs ganti bulu dewasa (lepas trotol), skrg proses dorong ekor. pas trotol kmr ekornya sktar xiii-14cm saja. yg saya tanyakan:
    one. apakah slma dorong ekor blh dimandikan?

    2. sampai waktu ini sdh rajin bunyi ngriwik+plong isian tempelan c.jenggot, lovebit, knari, ciblek, tp hnya posisi di KRODONG saja, tp kalau normal buka krodong kok blm mau gitu ya? apa mmg blm dewasa,atau??
    3. apakah nanti stlh selesai dorong ekor, harapan msh bisa lbh pjg ekornya ya???
    terima kasih mas Herry,

    BalasHapus



    Balasan

    1. 1. Boleh dimandikan tapi jangan dijemur.
      ii. Selama proses dorong ekor, MB lebih dominan ngeriwik.
      3. MB Sinabang cenderung berekor pendek, jadi jangan berharap lebih untuk ekornya.


      Hapus

  • Om herry saya mau tanya :1.apakah MB dorong ekor masih bisa dimaster,,2.MB saya kemasukkan suara cucak rowo apakah bisa dirubah ya om mksh….

    BalasHapus



    Balasan

    1. ane. Dorong ekor adalah waktu yang tepat buat pemasteran.
      2. Biasanya tidak bisa diubah. Master saja dgn suara burung lain dgn harapan ada suara lain yang disukai untuk dibawakan.


      Hapus

  • Dear Om Herry,

    Semoga selalu sehat.. saya ingin mengajukan pertanyaan.. MB saya kira2 berumur 7bulan, ekor sekitar 17cm, breeding non ring.. sayap masih berwarna coklat.. bulu bagian dada masih belum rapih 100%, jadi bagian bawah2 sayap kadang terlihat seperti ngrebung/tidak klimis.. bagaimana pola rawatan menurut om herry?

    1. apakah boleh dimandikan? berapa hari sekali? semprot atau lebih baik dicepuk?

    2. boleh dijemur atau tidak?

    3. tiap pagi sampai siang rajin ngeriwik keras tapi belum ngeplong, bagaimana agar murai bisa rajin ngeplong?

    BalasHapus



    Balasan

    1. 1. Mandi adalah ritual harian. Lakukan setiap hari dan ajari mandi di keramba mandi.
      2. MB yg sudah full dorong ekor sebaiknya rutin dijemur di pagi hari.
      3. Coba porsi EFnya dinaikkan secara perlahan dan tempel dgn burung kecil sebagai masteran dan perangsang agar si MB mau ngeplong seperti Kenari atau Ciblek yg gacor.


      Hapus

    2. 1. Mandi adalah ritual harian. Lakukan setiap hari dan ajari mandi di keramba mandi.
      ii. MB yg sudah full dorong ekor sebaiknya rutin dijemur di pagi hari.
      3. Coba porsi EFnya dinaikkan secara perlahan dan tempel dgn burung kecil sebagai masteran dan perangsang agar si MB mau ngeplong seperti Kenari atau Ciblek yg gacor.


      Hapus

    3. saya punya Lovebird lumayan gacor dan Cucak Jenggot gacor om, apakah masih butuh burung kecil seperti kenari/ciblek? biasanya saya play bunyi kenari dari mp3 saja


      Hapus

    4. Itu juga sudah cukup. Coba jemurnya lebih intensif.


      Hapus

  • Dear om hery

    Mw tanya soal asal mb, apa memang ada mb dr lampung om, soalnya banyak di forum jual beli yg iklan mb lampung, trims atas jawabannya om

    Ht

    BalasHapus



    Balasan

    1. MB asli Lampung sudah sangat sulit dijumpai di pasaran.
      Jadi, bersikap bijak saja dalam transasi jual beli online.


      Hapus

    2. Saat dorong ekor apakah boleh di embunin Om Herry??


      Hapus

  • Salam sukses om…
    Om sy mau nanya sy ada 2 ekor murai mh yg lg proses dorong ekor(bondol)paling ada 1cm panjang ekornya yg pertama dah 1 bln sy rawat n kayanya

    udah makan pur soalnya kotirannya padat northward

    berwarna pur.. yg ke ii sy rawat br two mngguan northward

    kayanya sih udah makan pur jg tp kotorannya tdk

    sepadat yg sy rawat ane bulan n msh giras om tp ga

    segiras wktu awal2nya.. yg jd pertanyaan sy..
    one.. sudah blhkan sy ajarin mandi keramba/apa efeknya klo sy mandiin dengan keramba..??
    2.. blhkan sy angin2in diteras secara bersamaan dengan jarak 2 meteran apa sbaiknya total krodong

    truss slama proses dorong ekor..??

    three. Cara perawatan yg baik n benar mohon masukannya om….
    Makasih om n sukses slalu

    BalasHapus



    Balasan

    1. 1. Boleh diajari mandi keramva, tapi yang sedang dorong ekor sebaikbya full krodong.
      2. Jangan digantang berhadapan.


      Hapus

  • Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full

    Source: http://muraibatuaceh.blogspot.com/2012/12/proses-dorong-ekor.html

    Check Also

    Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

    Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …