Bahan Kayu Sebagai Media Dalam Melukis Ragam Hias Memiliki Sifat

Bahan Kayu Sebagai Media Dalam Melukis Ragam Hias Memiliki Sifat

Jelaskan Tiga Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu – Ragam hias adalah bentuk hiasan yang biasanya di gambar, di pahat dan di cetak secara berulang untuk membentuk sebuah pola dalam suatu kerajinan atau kesenian. Ragam hias di lakukan untuk meningkatkan nilai dari suatu barang sekaligus wadah untuk kita berekspresi.

Penerapan ragam hias bisa di aplikasikan untuk banyak karya seni dengan cara memakai beragam teknik. Ragam hias pada dasarnya memiliki berbagai simbol yang di bagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  • Pahatan relief ataupun hiasan arca.
  • Ragam hias yang berbentuk flora dan creature yaitu daun, bunga, burung, macan dan ikan.
  • Ragam hias berbentuk garis atau bidang geometris yaitu segitiga, lingkaran, setengah bulatan atau meander.

Dengan banyaknya pilihan dari ragam hias serta motif, pastinya membutuhkan teknik agar bisa menghasilkan karya yang bagus. Untuk penerapan ragam hias kayu, ada tiga teknik yang harus di kuasai. Apa saja tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu?

Oleh karena itu, dalam artikel berikut ini saya akan membahas tentang tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu :

Baca juga :Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil

Pengertian Ragam Hias pada Kayu

Ragam hias kayu adalah pola hias yang di terapkan ke media kayu dan di kerjakan menggunakan teknik tertentu. Tujuan utama teknik adalah menambah nilai estetis, sehingga harga jual kayu yang sudah di hias akan bernilai harga jual yang tinggi.

Ragam hias kayu bisa di temukan pada bagian-bagian rumah yaitu pintu, tiang rumah, tiang rumah, jendela dan tempat lainnya. Juga untuk cara menolak bala atau penghormatan untuk roh leluhur di suatu daerah tertentu.

Baca :   Cara Membuat Ayam Lalapan Bumbu Kuning

Apa fungsi ragam hias pada bahan kayu

Banyak perabot kayu yang akhirnya di berikan sentuhan ragam hias. Motif hias yang di gunakan yaitu motif flora, figuratif, brute atau geometris dan gabungan motif – motif tersebut. Manfaat penerapan ragam hias yaitu :

  • Mengubah kayu yang tadinya polos menjadi lebih indah serta bernilai jual tinggi.
  • Menambah daya tarik dari sebuah kerajinan kayu.
  • Menciptakan karakteristik pada bahan kayu.

Ragam hias pada kayu biasanya banyak di jumpai pada pintu, bagian tiang rumah, jendela serta bagian lain dari rumah. Biasanya, ragam hias di gunakan untuk bagian dari keindahan suatu rumah dan berfungsi sebagai penolak bala atau penghormatan untuk roh leluhur.

Contoh penerapan ragam hias pada bahan kayu

contoh teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu : pahat lurus, pahat kuku, pahat miring, pahat lengkung,  contoh penerapan pada bahan kayu : tameng, topeng, pintu, meja, kursi, jendela.

Jelaskan Tiga Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Fungsi ragam hias yang di berikan pada bahan kayu adalah untuk meningkatkan nilai estetika dari produk kayu tersebut. jika nilai estetika pada kayu meningkat, maka nilai jual barang tersebut juga akan tinggi. Oleh karena itu, penambahan ragam hias pada bahan kayu memang berperan penting untuk menarik minat pembeli.

Jika ingin menambah ragam hias, terdapat beberapa hal yang harus di pertimbangkan terkait motif hias yang akan di berikan pada media yang di pilih. Misalnya memperhatikan bagaimana bentuk serta motifnya, bagaimana warnaya, teksturnya agar bisa menambah nilai estetika dari media yang di pilih.

Setelah mempertimbangkan beberapa aspek tersebut, selanjutnya bisa memilih teknik mana yang ingin di gunakan dalam menambahkan ragam hias pada media bahan kayu. secara umum terdapat tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu.

Baca :   Tempered Glass Yang Tidak Bisa Dilihat Dari Samping

Jika kalian diminta untuk jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu, jadi begini jawabannya!

  • Melukis, yaitu cara penerapan ragam hias dengan cara melukis atau memoleskan motif hiasan hiasan pada permukaan bahan kayu dengan memakai cat atau politer.
  • Mengukir, yaitu penerapan ragam hias dengan membuat tonjolan dan cekungan pada permukaan kayu untuk menghasilkan tekstur suatu pola tertentu.
  • Menggabungkan teknik seni lukis dan ukir, yaitu membuat ragam hias dengan mengukir permukaan kayu, setelah itu hasil ukiran di beri warna cat lukis agar semakin estetik.

FAQ

Penerapan ragam hias pada kayu sering terdapat pada?

Pintu kayu , pigura foto kayu , patung dari bahan kayu, souvenir dari kayu.

Bagaimana penerapan ragam hias pada bahan kayu ?

Penerapan ragam hias pada bahan kayu bisa kita lakukan dengan cara mengukir dan menggambar atau gabungan keduanya. Mengukir dalam hal ini adalah membentuk tonjolan dan cekungan berbentuk pola tertentu pada permukaan bahan kayu dengan memakai alat pahat. Alat utama untuk mengukir yaitu pahat dan pemukul.

Apa saja alat yang digunakan untuk mengukir ragam hias pada kayu?

pahat pengot, pahat penguku, pahat penyilat, pahat kol, pahat coret.

Bahan kayu sebagai media dalam melukis ragam hias memiliki sifat?

Bahan kayu sebagai media dalam melukis ragam hias memiliki sifat kuat. Kayu memang menyerap air akan tetapi tidak terlalu banyak. Termasuk bahan keras akan tetapi bisa di cat. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil di Indonesia ada motif flora, animate being serta figuratif.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu. Semoga informasi singkat di atas dapat bermanfaat bagi anda memahami teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu.

Baca :   Salah Satu Gerakan Yang Dilakukan Untuk Melatih Kelentukan Adalah

Bahan Kayu Sebagai Media Dalam Melukis Ragam Hias Memiliki Sifat

Source: https://www.aldianweb.com/2022/03/jelaskan-tiga-teknik-penerapan-ragam_12.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …