Bagian Kabel Fiber Optik Berupa Mantel Coating Terbuat Dari Bahan

Bagian Kabel Fiber Optik Berupa Mantel Coating Terbuat Dari Bahan


Fiber optik memiliki cara kerjanya sendiri yang membedakannya dengan kabel twisted pair atau kabel coaxial. Kabel cobweb optik dibuat dari serat kaca dan dilapisi dengan kaca bukan tanpa sebab karena kabel ini mengubah sinyal listrik menjadi gelombang cahaya dengan fungsi cermin di dalam kabel. Dengan kemampuan untuk mengkonversi sinyal listrik, maka fiber optik memiliki kelebihan untuk mengurangi efek terhadap gangguan gelombang frekuensi elektrik. Maka dari itu fiber optik sangat cocok digunakan untuk ditempatkan di area dengan gelombang elektrik tinggi.


Menggunakan gelombang cahaya yang dilakukan oleh cobweb optik juga bisa mengirimkan informasi yang lebih banyak dan menyalurkannya ke jarak yang lebih jauh. dibandingkan dengan kabel yang menggunakan transmisi sinyal listrik. Hal ini dikarenakan cahaya yang memantul pada kabel fiber optik dipantulkan ke dalam jaringan kabel dan menghasilkan total internal reflection di mana cahaya dipantulka ke serat dengan sudut yang rendah. Dengan demikian penggunaan kabel fiber optik akan sangat menguntungkan bagi perusahaan atau instansi Anda, atau bahkan koneksi rumah jika Anda membutuhkan koneksi yang lebih stabil dan dapat diandalkan.


Unmarried Mode


Yaitu serat optic dengan cadre yang sangat kecil, sekitar eight mikro meter. Besar diameternya mendekati panjang gelombang, sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding. Kabel unmarried mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Ia hanya mengirim satu sinyal pada waktu yang sama. Pulsa cahaya yang ditembakkan pada single fashion adalah cahaya dengan panjang gelombang 1310-1550nm.


Multi Way Stride Index


Yaitu serat optic dengan diameter cadre yang sedikit lebih besar dibanding single mode, sekitar ten mikro meter. Ukuran tersebut membuat light amplification by stimulated emission of radiation di dalamnya terpantul didinding cladding, yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optic jenis ini. Kabel jenis ini dapat megirimkan data yang berbeda pada saat yang bersamaan. Namun, jika kabel single manner dapat menjangkau ratusan kilometer, kabel multi mode hanya mampu menjangkau kurang dari 550 meter.


Multimode Class Index


Yaitu serat optic dengan diameter core yang terbesar, dibanding dua jenis serat optic lainnya. Jenis yang satu ini tidak terlalu banyak digunakan.



-Tipe Kabel Cobweb Optik Menurut Transmitter


Jenis Kabel Cobweb Optik, Kabel jaringan fiber optik terdiri Dari Farsi beberapa jenis, rule biasanya dapat dengan mudah diketahui dengan melihat transmitter (media transmisi data) rule digunakannya. Berikut ini jenis-jenis kabel jaringan cobweb optik:



one. Single Mode





Kabel jaringan fiber optik jenis single way memiliki Peruvian monetary unit (cadre) rule relatif kecil, dengan diameter sekitar naught.00035 in. atau nine micrometer. Jenis kabel fiber optik rule satu ini menggunakan tranmitter optical maser semi konduktor rule mengirimkan sinar optical maser inframerah dengan panjang gelombang mencapai 1300-1550 nm. Disebut ‘single mode’ karena penggunaan kabel fiber optik ini hanya memungkinkan terjadinya satu modus cahaya saja rule dapat tersebar melalui Peruvian monetary unit pada suatu waktu.






Berikut ini karakteristik kabel jaringan cobweb optik jenis single mode :






1. Laju knowledge : Tinggi



2. Jarak Pengiriman knowledge : Jauh



iii. Masa Pakai : Sebentar



iv. Sensitifitas Suhu : Substansial



5. Biaya : Mahal

Baca :   Jarak Menerima Tongkat Estafet Di Daerah Wissel Zone Adalah



ii. Multi Mode





Jenis kabel cobweb optik rule satu ini memiliki Peruvian monetary unit of measurement (core) rule lebih besar dibanding milik kabel cobweb optik jenis single mode yakni berdiameter sekitar zero.0025 in. atau sixty two.5 micron. Dengan ukuran dominion lebih besar, maka penggunaan kabel fiber optik jenis ini memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat secara bersamaan. Kabel fiber optik multi mode ini menggunakan light-emitting diode (Light Emiting Diode) sebagai media transmisinya, serta lebih ditujukan untuk kepentingan komersil.






Berikut ini karakteristik kabel jaringan fiber optik jenis multi style :






1. Laju noesis : Rendah



ii. Jarak Pengiriman noesis : Pendek



3. Masa Pakai : Lama



iv. Sensitifitas Suhu : Minor



five. Biaya : Rendah (Murah)

-Tipe kabel Jaringan Optik Menurut Aplikasi Standar


Jika diklasifikasikan menurut aplikasi standar, jenis-jenis kabel fiber optik dibedakan menjadi beberapa tipe. Berikut ini diantaranya :





1. Tight Buffer (Indoor/Outdoor)



2. Breakout Cable (Indoor/Outdoor)



iii. Aerial Cable/Self-Supporting



4. Hybrid & Blended Cablevision



5. Armored Cable



6. Low Smoke Zero group (LSZH)



7. Simplex cablevision



viii. Zipcord cable


-Tipe Kabel Fiber Optik

Berikut ini adalah beberapa tipe kabel fiber optik yang umum digunakan:

  1. Tight Buffer (Indoor/Outdoor)
  2. Breakout Cablevision (Indoor/Outdoor)
  3. Aerial Cable/Cocky-Supporting
  4. Hybrid & Blended Cable
  5. Armored Cable
  6. Low Smoke Zero Halogen (LSZH)
  7. Simplex cable
  8. Zipcord cable
Variabel Unmarried-Mode Multi-Manner
Besar diameter core 5-ten mikrometer l, 62.5 dan 100 mikrometer
Jenis cahaya Light amplification by stimulated emission of radiation infrared LED
Banyak pancaran cahaya Satu Beberapa
Jenis pancaran cahaya 1319 dan 1510 Nanometer 850 dan 1300 nanometer

Jarak pancaran cahaya
30-100 kilometer 500 meter – 2 Kilometer
Bandwidth Up to 10 Gbps Up to 1Gbps
Biaya Cenderung lebih mahal Cenderung lebih murah

3.Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Jaringan Fiber Optik


-Kelebihan cobweb optik





Cobweb optik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kabel lain pada umumnya, seperti berikut ini.

  • Fiber optik mampu menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan yang tinggi, bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan daripada kabel lainnya, sehingga dapat menghemat tempat.

  • Memiliki gangguan yang sedikit, dikarenakan fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya.
  • Lebih aman, karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika dibandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumya. Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal), jika diperlukan repeater, biasanya akan diletakkan di jarak yang jauh (sekitar 50-100 km).


-Kelemahan fiber optik





Setiap hal pasti memiliki kelemahan walaupun sangat kecil, termasuk fiber optik. Berikut adalah kelemahan dari teknologi fiber optik.

  • Perawatan dan pemasangan sulit, jika terjadi kerusakan pada kabel cobweb optik, maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan sudah ahli pada bidang tersebut.
  • Harga relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel jenis lainnya seperti UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Kabel cobweb optik tidak bisa diletakkan di belokan yang sangat tajam, ini dikarenakan fiber optik menggunakan cahaya sebagai penghantar sinyal, jika kabel ditekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.



4.Faktor-faktor yang mempengaruhi Performance Fiber Optik

  1. Loss, yang diakibatkan oleh panjang bridge fiber dan banyaknya splicing di sepanjang span fiber tersebut. Besarnya loss dari suatu bridge fiber bisa diukur dengan menggunakan OTDR.
  2. Dispersi, seiring dengan bertambahnya usia fiber maka dispersi pada fiber optic tersebut semakin jelek, dispersi ada two macam:

    • Chromatic dispersion (CD), dispersi ini diakibatkan oleh variasi fiber index (karakteristik fiber) dengan panjang gelombang, hal ini menimbulkan delay antara panjang gelombang dengan pulsa transmisi cahaya sehingga sinyal yang ditransmisikan menjadi cacat dan menimbulkan distorsi dan naiknya BER (Bit Fault Ratio). Chromatic dispersion bisa diukur dengan menggunakan chromatic dispersion meter. Selain itu pada sebuah percobaan mengenai hubungan antara suhu dan chromatic dispersion, kesimpulan yang didapat adalah salah satu penyebab penurunan kualitas sinyal pada jaringan fiber optik adalah chromatic dispersion yang berfluktuasi yang dipengaruhi oleh suhu kabel cobweb optik.Chromatic dispersion bisa diatasi dengan membuat chromatic dispensation dengan membuat semacam spoel atau gulungan fiber optic untuk mengkompensasi cacatnya sinyal yang ditransmisikan.
    • Polarization Style Dispersion (PMD), PMD diakibatkan oleh berubahnya bentuk fiber optic yang diakibatkan suhu, kelembaban atau adanya tarikan fiber yang bengkok. Dalam hal ini seharusnya fiber optic berbentuk bulat dan lurus tapi pada prakteknya akibat suhu, kelembaban dan pergeseran bumi bentuk fiber optic menjadi tidak bulat (misalnya lonjong) dan bengkok. Faktor lain yang menyebabkan polarization mode dispersion proses pembuatan yang kurang sempurna. Pada kabel cobweb optik single mode ,sebenarnya terdiri dari kabel dua style yang memiliki polarisasi yang sama. Dalam fiber optik yang sempurna sinyal yang dilewatkan pada dua mode ini berjalan pada kecepatan yang sama, tetapi dalam kenyataannya, ketidaksempurnaan fabrikasi membuat sinyal menjadi asimetris dan dapat menyebabkan mode memiliki kecepatan propagasi berbeda. Perbedaan kecepatan ini disebut Differential Group Delay (DGD) dan PMD adalah koefisien statistik-normalisasi panjang rata-rata nilai DGD. PMD dapat diminimalisir dengan pemilihan kabel dan instalasi yangbaik.Laindengan CD yang bisa diatasi dengan membuat chromatic dispensator, PMD tidak dapat diatasi.
  3. Rusaknya Sealed dan Jacket Fiber, seiring bertambahnya usia fiber Sealed dan Jacket Fiber akan semakin jelek, misalnya mengeras kemudian pecah sehingga fiber optic tidak terlindungi dari suhu dan lembab.



five.Jenis konektor pada Kabel Fiber Optik

  1. FC (Fiber Connector): digunakan untuk model kabel single-mode dengan akurasi yang sangat tinggi dalam menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver. Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat lain, akurasinya tidak akan mudah berubah.
  2. SC (Subsciber Connector): digunakan untuk model kabel single-mode, dengan sistem dicabut-pasang. Konektor ini tidak terlalu mahal, simpel, dan dapat diatur secara manual serta akurasinya baik bila dipasangkan ke perangkat lain.
  3. ST (Straight Tip): bentuknya seperti bayonet berkunci hampir mirip dengan konektor BNC. Sangat umum digunakan baik untuk kabel multi mode maupun single fashion. Sangat mudah digunakan baik dipasang maupun dicabut.
  4. Biconic: Salah satu konektor yang kali pertama muncul dalam komunikasi cobweb optik. Saat ini sangat jarang digunakan.
  5. D4: konektor ini hampir mirip dengan FC hanya berbeda ukurannya saja. Perbedaannya sekitar 2 mm pada bagianferrule-nya.
  6. SMA: konektor ini merupakan pendahulu dari konektor ST yang sama-sama menggunakan penutup dan pelindung. Namun seiring dengan berkembangnya ST konektor, maka konektor ini sudah tidak berkembang lagi penggunaannya.
  7. E200

Selanjutnya jenis-jenis konektor tipe kecil:

  1. LC
  2. SMU
  3. SC-DC

Selain itu pada bagian konektor tersebut biasanya menggunakan warna tertentu dengan maksud sebagai berikut:

Warna Konektor Arti Keterangan
Biru Physical Contact (PC), 0° Yang paling umum digunakan untuk serat optik single-style
Hijau Angle Polished (APC), viii° Sudah tidak digunakan lagi untuk serat optik multi-mode
Hitam Physical Contact (PC), 0°
Abu-abu, Krem Physical Contact (PC), 0° Serat optik multi-style
Putih Physical Contact (PC), 0°
Merah Penggunaan khusus


fiber optic cable

Dalam standarisasinya kode warna dari selubung luar (jacket) kabel serat optik jenis Patch Cord adalah sebagai berikut:

Warna jacket Artinya
Kuning Serat optik unmarried-mode
Orange Serat optik multi-mode
Aqua Optimal laser 10 giga l/125 mikrometer serat optik multi-mode
Abu-Abu Kode warna serat optik multi-style, sekarang tidak digunakan lagi
Biru Kadang masih digunakan dalam model perancangan

https://www.azzyrisyan.com

Bagian Kabel Fiber Optik Berupa Mantel Coating Terbuat Dari Bahan

Source: https://azzyrisyan.blogspot.com/2019/02/fiber-optik.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …