Bagaimana Caramu Menunjukkan Kebanggaan Sebagai Warga Negara Indonesia

Bagaimana Caramu Menunjukkan Kebanggaan Sebagai Warga Negara Indonesia

Sebagai seorang Warga Negara Indonesia, anak mama tentu harus memiliki dan menunjukkan rasa bangganya sebagai warga negara. Indonesia dikenal dengan negaranya yang memiliki berbagai macam ras dan juga suku budaya.

Republic of indonesia juga menjunjung tinggi prinsip Bhinneka Tunggal Ika, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dengan kata lain, walaupun Republic of indonesia memiliki berbagai macam suku, ras, dan agama namun tetaplah tergabung pada bangsa Indonesia.

Karena hal inilah Indonesia menjadi tidak mudah untuk terpecah belah. Adanya berbagai macam kekayaan dan keindahan alam Republic of indonesia yang subur, tentunya membuat kita sebagai bagian dari warga negara Indonesia patutnya merasa bangga akan hal tersebut.

Anak sebagai generasi selanjutnya yang akan memperjuangkan bangsa tentunya harus merasa bangga terhadap negaranya sendiri. Banyak berbagai macam keistimewaan di Republic of indonesia yang patut dijaga dan di lestarikan.

Tentunya juga akan membuat anak mama merasa bangga sebagai warga negara. Lalu bagaimana cara untuk menanamkan rasa bangga pada anak?

Berikut ini
Popmama.com
sudah merangkum
cara menunjukkan rasa kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia
pada anak.

i. Bangga ketika menggunakan pakaian adat atau pun batik


Pexels/Artem Beliaikin

Dikenal dengan negara yang memiliki berbagai macam suku daerah, tentu membuat Indonesia memiliki berbagai macam pakaian adat khas dari daerahnya tersebut. Batik merupakan salah satu karya Republic of indonesia yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luar.

Kain batik atau berbagai macam jenis pakaian adat lainnya merupakan salah satu bentuk perwujudan dari kekayaan Indonesia. Karena itu pula, sebagai warga negara yang baik tentunya anak harus merasa bangga ketika menggunakan berbagai macam jenis pakaian adat dari berbagai daerah.

Baca :   Negara Indonesia Diapit Oleh Dua Samudra Yaitu

Bahkan, jika ditelaah lagi sudah banyak jenis-jenis pakaian adat yang bahkan desain dan wujud bentuknya dibuat dengan berbagai macam variasi. Sehingga pakaian tersebut pun dapat pula digunakan pada kegiatan sehari-hari.

Walaupun berbeda daerah, namun sebagai warga negara Indonesia tetaplah harus saling menghormati jenis-jenis pakaian dari adat lain. Hal ini karena setiap pakaian yang berasal dari berbagai daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.

Editors’ Picks

ii. Merasa bangga menggunakan bahasa Republic of indonesia

2. Merasa bangga menggunakan bahasa Indonesia

Pexels/Mary Taylor

Dalam berkomunikasi sehari-harinya tentu Mama menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan anak mama. Bahasa Republic of indonesia merupakan bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi di Republic of indonesia.

Bahasa ini termasuk dalam bahasa yang dapat mempersatukan bangsa karena memiliki berbagai macam suku dan budaya, dan tentunya dengan begitu juga memiliki berbagai macam jenis bahasa daerah lainnya.

Sebagai seorang warga negara Republic of indonesia Mama pun harus menerapkan pada anak mama agar merasa bangga dengan berbahasa Indonesia. Menggunakan bahasa secara baik dan benar tentunya sudah harus diterapkan sejak dini.

Walaupun begitu, bukan berarti sebagai warga negara Indonesia, sang anak tidak boleh untuk bangga terhadap bahasa daerah lainnya. Hal ini tentu sangat salah, dengan adanya berbagai macam jenis bahasa daerah sang anak tentu harus tetap merasa bangga.

Dengan tidak saling menghina atau merendahkan budaya dan bahasa daerah lain merupakan salah satu cara untuk membuat anak merasa bangga menjadi warga negara Republic of indonesia.

3. Menggunakan berbagai produk yang berasal dari dalam negeri

3. Menggunakan berbagai produk berasal dari dalam negeri

beveragedaily.com

Tidak kalah dengan produk-produk luar negeri, Indonesia juga memiliki berbagai macam produk lokal yang tidak kalah bagus dengan produk luar, mulai dari, baju, sepatu, tas, dan berbagai macam jenis lainnya.

Baca :   Jelaskan Cara Meneladani Asmaul Husna Al Alim

Sebagai anak Republic of indonesia, tentunya ia harus merasa bangga terhadap produk-produk lokal yang ada. Bahkan saat ini sudah ada beberapa produk lokal yang sudah mampu menuju pasar Internasional. Dengan begitu, tentu tidak ada salahnya anak harus bangga terhadap produk lokal.

Berbagai jenis produk lokal juga memiliki kualitas yang sangat bagus. Dengan adanya berbagai jenis macam produk Indonesia yang sudah mulai muncul secara satu persatu tentunya juga dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian negara..

Dengan membeli atau menggunakan jenis barang-barang perlengkapan di Indonesia merupakan salah satu bentuk cara untuk mendukung para UMKM ataupun usaha-usaha kecil dan besar yang berada di Indonesia.

4. Selalu belajar dengan giat

4. Selalu belajar giat

Pexels/Lum3n

Siapa bilang belajar hanya untuk mendapat nilai dan pengetahuan saja?

Belajar dengan giat juga termasuk dalam salah satu cara untuk menujukkan diri bahwa sang anak juga merasa bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Dengan belajar secara giat tentunya dapat membuat sang anak dapat meraih prestasi dengan baik. Tentunya hal ini juga merupakan bentuk dari rasa bangga terhadap negara. Berbagai macam bentuk prestasi apapun juga dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Tidak hanya berpatok pada pelajaran, namun minat dan bakat yang selalu diasah sehingga dapat diperlombakan sampai mendapatkan juara atau penghargaan juga merupakan sebuah prestasi. Hal ini tentu memberikan kebanggaan terhadap diri sendiri maupun negara.

Selain itu, dengan belajar banyak hal secara giat tentunya dapat berguna untuk kemajuan serta perkembangan bangsa dan negara.

5. Selalu menjaga dan tidak merusak berbagai fasilitas umum

5. Selalu menjaga tidak merusak berbagai fasilitas umum

Pexels/ Mary Taylor

Berbagai macam fasilitas umum dibuat dan diperuntukkan untuk masyarakat Indonesia. Maka sudah sepantasnya sebagai warga negara kita harus menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar tidak rusak.

Baca :   Tinggi Tabung Bright Gas 12 Kg

Hal ini juga merupakan bentuk dari memberikan rasa bangga sebagai warga negara Republic of indonesia. Ini karena menjaga fasilitas umum merupakan kewajiban dari seluruh masyarakat.

Menjaga kebersihan mulai dari halte, jalanan, dermaga, tertib dalam mematuhi rambu lalu lintas serta tidak mengotori dan mencoret-coret fasilitas yang ada termasuk dalam menunjukkan rasa bangga pada negara.

Maka dari itu, sudah sepatutnya sebagai warga negara menjaga berbagai macam fasilitas umum yang sudah diberikan.

Nah, itulah cara menunjukkan rasa kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia yang perlu Mama ajarkan pada anak. Beberapa hal tersebut sudah dapat Mama ajarkan sejak anak masih berusia dini.

Baca juga:

  • 5 Kewajiban Sebagai Warga Negara yang Harus Dilakukan
  • Ceritakan Sejarah Indonesia ke Anak, Ini six Negara Penjajah Indonesia
  • 10 Fakta Menarik Seputar Bendera Negara di Seluruh Dunia

Bagaimana Caramu Menunjukkan Kebanggaan Sebagai Warga Negara Indonesia

Source: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/chania-aulia-humayrha/cara-menunjukkan-kebanggaan-sebagai-warga-negara-indonesia

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …