Apa Yang Dimaksud Dengan Presentasi Video

Apa Yang Dimaksud Dengan Presentasi Video

  • Presentasi video
     merupakan suatu
    video
     untuk mengkomunikasikan gagasan, ide atau rencana, yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan melanjutkan atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh.
  • Presentasi video merupakan suatu presentasi

    berbentuk video, mengkomunikasikan ide atau gagasan
     yang dikembangkan melalui proses merekam gambar dan suara (audio), kemudian melakukan editing dengan memodifikasi tampilan, efek, dan merangkaikannya kembali menjadi sebuah karya.

  • Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.
  • Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.
    Video
     juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar yang dibaca berurutan
    dalam
     suatu waktu dengan kecepatan tertentu.














Sumber Gambar :





http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2017/02/pengertian-presentasi-video-fungsi-dan.html





























  • Menyampaikan Informasi –
    Informasi yang disampaikan bisa bersifat  biasa, penting, atau bahkan rahasia. Penyampaian informasi ini dengan menggunakan alat video, baik dalam jaringan maupun Compact Disk.
  • Mempengaruhi –
    Presentasi Video untuk mempengaruhi orang lain dilakukan ketika ingin audiens melakukan sesuatu.
  • Memotivasi dan Menginspirasi Pendengar Untuk Melakukan Suatu Tindakan –
    Demi tercapainya suatu tujuan  penyampaian ide atau gagasan, presentasi video turut mendukung memberi arahan, bimbingan, memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan.
  • Melakukan Penjualan –
    Hal ini bersangkutan dengan perusahaan yang ingin mempromosikan suatu produk tertentu.
  • Membuat Suatu Ide atau Gagasan –
    Presentasi Video dilakukan hanya bertujuan untuk memunculkan suatu ide atau gagasan dari para peserta yang melihatnya.
  • Memperkenalkan Diri/Organisasi/Perusahaan –
    Presentasi dengan tujuan memperkenalkan diri, biasa digunakan ketika ingin memperkenalkan Suatu diri/Perusahaan








Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui penyajian suatu produk yang telah dihasilkan. Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, presentasi video harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari..


Gagasan atau konsep adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Perlu pelatihan mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah merupakan setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya..


Gagasan atau konsep pada presentasi video, harus dan lebih bagus menggunakan ide yang asli, benar, bermanfaat. Asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain, hasil kreativitas sendiri, bukan plagiasi. Tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Bermanfaat, artinya menjadi solusi bagi banyak orang.








.





Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat diperuntukan:


  1. Cerita,
    Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.

  2. Dokumen,
    Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.

  3. Berita,
    Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.

  4. Pembelajaran,
    Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.

  5. Presentasi,
    Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan.



Ciri – Ciri Presentasi Video :


  • Mengomunikasikan ide

  • Menunjukkan solusi

  • Mengomunikasikan produk dan jasa

  • Menunjukkan cara kerja








Contoh Software / Perangkat Lunak Aplikasi Presentasi Video diantaranya :


  • Corel Video Studio,
  • Camtasia,
  • Screencast-o-matic,
  • Active Presenter
  • Windows Moving-picture show Maker
  • Adobe Premiere
  • 3D Studio Max
  • Afterwards Furnishings
  • Kinemaster
  • Power Managing director
  • dan lain-lain.










Sumber Gambar :

8 Software Video Editing Gratis dan Terbaik




Kerjakanlah QUIZ di bawah ini :







– – – – –

Sumber :

* http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2017/02/pengertian-presentasi-video-fungsi-dan.html

* http://penggilaartikel.blogspot.com/2017/01/pengertian-ciri-ciri-fungsi-dan-jenis.html

MAK Setara Tingkat Semenjana Kelas Ten

MAK Setara Tingkat Semenjana Kelas X

MAK Semua Programme Kejuruan [KELAS 10 SEMESTER GENAP]

MAK Kelas X Semester i. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

one. Jelaskan menurut Anda apa yang dimaksud dengan presentasi video!

2. Jelaskan fungsi-fungsi presentasi video!

iii. Dari beberapa jenis video yang ada, manakah yang menurut Anda paling baik dalam mengomunikasikan sebuah produk? Jelaskan!

ane. presentasi video adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh.

Pada dasarnya presentasi video terdiri atas kegiatan pembelajaran :

  1. Video proses
    yang pengambilan gambarnya dilakukan dengan kamera video,baik yang terpasang pada telpon genggam dan perangkat gaget lainnya,maupun pada kemera khusus untuk oerekaman video,termasuk camrecorder
  2. Screen recording
    adalah pengambilan gamba dari layar komputer dengan menggunakan aplikasi rekam layar dan dapat ditambahkan penggunaan lensa yang terpasang pada laptop atau webcam yang sengaja dipasang untuk perekaman gambar.

ii.  Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui penyajian suatu produk yang telah dihasilkan. Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, presentasi video harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Gagasan atau konsep adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan perlu pelatihan  mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah merupakan setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Gagasan atau konsep pada presentasi video,harus dan lebih bagus menggunakan ide yang asli, benar, bermanfaat asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain,hasil kreativitas sendiri, bukan plagiasi. Tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Bermanfaat, artinya menjadi solusi bagi banyak orang.

3.
Menurut Luis Arjuanda Sormin
, video yang paling baik dalam mengomunikasikan sebuah produk adalah jenis video Pembelajaran. karena video pembelajaran adalah Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.

Perbandingan Jenis-jenis Video:

1. Cerita Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.

2. Dokumenter Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.

3. Berita Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.

four. Pembelajaran Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.

5. Presentasi Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan

Manusia sebagai mahluk visual dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan melihat sesuatu yang “hidup”, bergerak dan bersuara. Untuk mengomunikasikan suatu ide atau gagasan dengan lebih efektif maka diperlukan sebuah presentasi dalam bentuk video yang dapat mengetengahkan gambar bergerak sekaligus suara yang diperlukan. Pada awalnya dulu gerakan hanya dapat ditangkap dan diujudkan kembali melalui pemutaran pita celluloid yang kita sebut motion picture.

Motion picture yang pertama hanya berisi gambar bergerak tanpa suara. Dalam perkembangannya film dapat juga menampung suara. Pita celluloid digantikan dengan pita magnetik yang mampu merekam gerakan dan suara. Perkembangan terakhir yang terjadi adalah penggantian pita magnetik dengan rekaman data digital. Rekaman gerak dan suara dalam bentuk data digital dapat dilakukan dengan mudah dan murah karena semakin berkembangnya perangkat jinjing [gadget] yang dilengkapi dengan lensa.

1. Pengertian Presentasi Video

Presentasi video adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh.

2. Fungsi Presentasi Video
Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui penyajian suatu produk yang telah dihasilkan. Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, presentasi video harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Gagasan atau konsep adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah.

Pada dasarnya, masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Perlu pelatihan mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah merupakan setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Gagasan atau konsep pada presentasi video, harus dan lebih bagus menggunakan ide yang asli, benar, bermanfaat. Asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain, hasil kreativitas sendiri, bukan plagiasi. Tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Bermanfaat, artinya menjadi solusi bagi banyak orang.

3. Jenis Video
Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat diperuntukan:

a. Cerita

Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.

b. Dokumenter

Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.

c. Berita

Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.

d. Pembelajaran

Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.

e. Presentasi

Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Presentasi Video [Lengkap] – presentasi Videoadalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh. Inti dari pengertian tersebut yaitu: Presentasi Video yaitu mengkomunikasikan ide atau gagasan melalui video agar dapat dilihat dan didengar orang lain.

Fungsi Presentasi Video :

  • Menyampaikan Informasi –Informasi yang disampaikan bisa bersifat  biasa, penting, atau bahkan rahasia. Penyampaian informasi ini dengan menggunakan alat video, baik dalam jaringan maupun Meaty Disk.
  • Mempengaruhi –Presentasi Video untuk mempengaruhi orang lain dilakukan ketika ingin audiens melakukan sesuatu.
  • Memotivasi dan Menginspirasi Pendengar Untuk Melakukan Suatu Tindakan –Demi tercapainya suatu tujuan  penyampaian ide atau gagasan, presentasi video turut mendukung memberi arahan, bimbingan, memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan.
  • Melakukan Penjualan –Hal ini bersangkutan dengan perusahaan yang ingin mempromosikan suatu produk tertentu.
  • Membuat Suatu Ide atau Gagasan –Presentasi Video dilakukan hanya bertujuan untuk memunculkan suatu ide atau gagasan dari para peserta yang melihatnya.
  • Memperkenalkan Diri/Organisasi/Perusahaan –Presentasi dengan tujuan memperkenalkan diri, biasa digunakan ketika ingin memperkenalkan Suatu diri/Perusahaan

Jenis Presentasi Video :Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat diperuntukkan :

  • Cerita –
    Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.
  • Dokumenter –
    Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam 7 kehidupan nyata.
  • Berita –
    Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.
  • Pembelajaran –
    Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.
  • Presentasi –
    Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan

Ciri – Ciri Presentasi Video :

  • Mengomunikasikan ide
  • Menunjukkan solusi
  • Mengomunikasikan produk dan jasa
  • Menunjukkan cara kerja

Demikian Artikel Tentang Pengertian, Fungsi, dan Jenis Presentasi Video [Lengkap] yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan juga bisa kamu gunakan sebagai bahan ajar disekolah. Apabila ada kata atau review yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan Terimakasih.

Video yang berhubungan

Apa Yang Dimaksud Dengan Presentasi Video

Source: https://apayangkamu.com/jelaskan-yang-dimaksud-dengan-presentasi-video

Baca :   Sel Otot Yang Terdapat Pada Organ Paru Paru Memiliki Ciri

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …