Apa Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi

Apa Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi



Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi


Olahan pangan setengah jadi atau yang dikenal sebagai bahan baku primer merupakan salah satu bentuk pangan, yang banyak digunakan hingga saat ini oleh konsumen. Sesuai dengan namanya, bahan makanan atau olahan pangan setengah jadi ini merupakan suatu bentuk olahan dari bahan baku utama, yang diolah setengah jadi, dan dapat dikonsumsi dengan pengolahan terlebih dahulu.

Secara teori, bahan olahan pangan setengah jadi merupakan bahan olahan yang sudah melalui proses pengawetan, baik secara fisik, kimiawi, ataupun mikrobiologi, sehingga menjadi bahan pangan setengah jadi. Bahan pangan setengah jadi ini kemudian dijadikan sebagai bahan baku pangan pada manusia.


Contoh Olahan Pangan Setengah Jadi




Pada intinya, olahan pangan setengah jadi adalah bahan makanan yang harus diolah terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari olahan pangan setengah jadi :




Tepung tepungan, seperti tepunt terigu, tepung tapioka, dan lain-lain

– Makanan kalengan

– Makanan beku atau froze

– Makanan olahan, seperti sosis, daging burger, asset

– Minuman serbuk

-Mie instan

Itu adalah beberapa contoh dari olahan pangan setengah jadi. Pasti hampir semua sudah pernah merasakan olahan pangan setengah jadi, seperti contoh diatas bukan?Saat ini, banyak sekali produk olahan pangan setengah jadi yang beredar di pasaran. Hal ini tentu saja tidak lain disebabkan karena olahan pangan setengah jadi tersebut memiliki banyak sekali manfaat dan keunggulan dibandingkan olahan makanan jadi ataupun bahan makanan alami.

Berikut ini adalah beberapa manfaat
nya dari Olahan Pangan Setengah Jadi :


1. Memiliki nilai ekonomis yang tinggi


Nilai ekonomis yang dimiliki oleh bahan olahan pangan setengah jadi pun akan jauh menjadi lebih tinggi. Bandingkan saja pabrik kue dan juga pabrik tepung terigu. Penjualan yang meningkatkan nilai ekonomis paling tinggi sudah pasti adalah pabrik tepung terigu, karena lebih mudah dalam menjual dan dalam biaya produksi yang lebih murah

.


two.






Mudah untuk disimpan







Manfaat olahan pangan setengah jadi yang pertama adalah mudah untuk disimpan. Ya, biasanya olahan pangan setengah jadi sudah dijual dalam bentuk kemasan tertentu yang praktis dan mudah untuk melakukan penyimpanan. Berbeda dengan bahan alami dan juga bahan jadi, yang kemungkinan repot untuk dilakukan penyimpanan.


3. Lebih tahan lama


Bahan olahan pangan setengah jadi juga dinilai memiliki ketahanan yang lebih lama, karena sudah melalui beberapa proses pengawetan, baik secara kimiawi atau bio organik.Kita bisa membandingkan antara tepung dengan kue tart. Tentu saja tepung terigu, yang merupakan bahan olahan pangan setengah jadi memiliki ketahanan yang jauh lebih lama dibandingkan kue tart, yang merupakan bahan olahan jadi.

Baca :   Soal Kelas 4 Tema 4 Subtema 1


4. Mudah untuk dikemas


Pengemasan dari olahan pangan setengah jadi pun akan menjadi jauh lebih mudah. Bandingkan saja, mana yang lebih mudah, mengemas daging segar, atau melakukan pengemasan pada daging olahan didalam kaleng? Tentu saja pengemasan daging olahan kalengan akan mnjadi jauh lebih mudah, praktis, dan juga dapat dikemas dalam bentuk yang menarik, sehingga menarik minat pembeli dan juga konsumennya.


5. Menjadisalah satu komoditas ekspor impor


Olahan pangan setengah jadi memiliki nilai komoditas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bahan mentah. Maka dari itu bagi yang memiliki jiwa bisnis dan usaha, olahan pangan setengah jadi sangat baik untuk menjadi komoditas bisnis anda, karena lebih mudah untuk diperjualbelikan.


half dozen. Dapat diolah lagi menjadi berbagai macam keperluan


Anda memiliki tepung terigu di rumah sebagai salah satu bentuk olahan pangan setengah jadi, maka dengan tepung tersebut, anda bisa mengolahnya lagi untuk membuat berbagai macam masakan, seperti kue, pisang goreng, ayam goreng, dan berbagai jenis masakan lainnya. Jadi, pada intinya, olahan pangan setengah jadi sangat multifungsi, dan bisa diolah menjadi lebih dari satu macam bahan pangan jadi, yang siap untuk dikonsumsi.

//manfaat.co.id/manfaat-olahan-pangan-setengah-jadi

Video

Kekayaan bahan pangan bumi Indonesia berlimpah ruah. Keanekaragaman sumber pangan yang sangat potensial tersebut, meliputi pangan nabati dan hewani. Pangan hewani tersebut meliputi produk perikanan dan peternakan.

Bahan pangan setengah jadi adalah
bahan pangan mentah yang telah mengalami  pengolahan dengan cara pengawetan. Bahan pangan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan tidak semuanya dapat langsung dikonsumsi, namun masih terdapat proses tindak lanjud untuk manjadi makan siap saji.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Bahan pangan setengah jadi yang berbahan baku daging sapi dan daging unggas dimasa ini sangat banyak diminati terutama yang memiliki aktifitas yang padat sebab pengolahan bahan setengah jadi disimpan lama dalam kondisi beku seperti ; bakso, sosis,asset atau dapat pula disimpan dalam kondisi kering seperti; dendeng, telur asin, dan abon. maka dengan cara tersebut, bahan pangan ini dapat digunakan kapan saja.

Baca :   Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi Adalah

Jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dari bahan perikanan dan peternakan sebagai bahan baku dalam membuat makan siap konsumsi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bakso ikan,
  • Denden cumi,
  • Terasi udang,
  • Tepung rumput laut,
  • Telur asin,
  • Dendeng daging,
  • Kornet, dan
  • Keju.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Bakso ikan adalah
olahan ikan yang terdiri dari beberapa pilihan bahan pokok seperti ikan tuna, surimi, udang, kakap, dan marlin. Berbeda dengan bakso daging, bakso ikan memiliki tekstur yang lembut dan gurih yang di olah dengan direbus atau digoreng dan disajikan saat masih hangat.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Dendeng adalah
makanan kering sebagai salah satu produk awetan yang diolah dengan cara tradisional hingga modern dan sangat populer. Selain dari rasaya yang gurih dan lezat, dendeng cumi juga  merupakan makanan tradisional yang kaya akan kendungan gizi seperti poly peptide, mineral, kalsium, dan besi serta memiliki kelebihan lain yaitu masa simpannya lebih lama. Dendeng cumi merupakan hasil olahan laut yang cukup banyak digemari sehingga sangat mudah diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional, supermarket atau melalui sistem online.

Terasi udang yang sering juga disebut dengan belacan termasuk hasil olahan setengah jadi berbahan dasar udang. Jenis udang yang biasa digunakan adalah udang rebon atau udang yang berukuran kecil. Terasi berbentuk seperti pasta atau adonan dan berwarna hitam kecoklatan, kadang diberi bahan pewarna merah sehingga ada yang berwarna kemerahan.

Udang rebon yang telah direbus dan digiling dan diberi garam kemudian difermentasikan kemudian dijemur agar kadar air menjadi rendah lalu digiling kembali hingga dapat dibentuk seperti pada umumnya terasi yang diperjual belikan, misalnya kotak dan bulat.

Produk terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal atau juga dibuat menjadi kerupuk terasi atau pula sebagai bumbu masakan sebagai penyedap makanan untuk resep tertentu khas Indonesia.

Salah satu bentuk pengolahan rumput laut yaitu dengan cara mengolahnya menjadi tepung agar awet. Dengan diolah menjadi tepung rumput laut, akan sangat bermanfaat, selain dari sisi praktis penyajian dan penggunaannya juga memudahkan dalam hal pengemasan dan pengangkutan.

Tepung rumput laut ini memiliki peran yang besar terutama sebagai stabilisator, bahan pengental, pebentuk gel, pengemulsi, dan lainnya. Sifat ini banyak dimanfaatkan oleh industri makanan, obat-onatan, kosmetik, tekstil, cat, pasta gigi, dan isndutri lainnya.

Baca :   Orang Mukmin Dengan Mukmin Yang Lain Bagai Bangunan Yang Saling

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Telur asin adalah
makanan yang berbahan dasar telur dengan cara diawetkan menggunakan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak. kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lainnya.

Di Indonesia, terutama di Jawa, telur sain biasanya memiliki memiliki ciri khas cangkang telur berwarna hijau kebiruan. Telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna agak kemerahan, kering ( jika dimakan tidak mengeluarkan cairan), tidak berbau amis, dan rasa asinnya tidak menyengat serta teksturnya berminyak.

Dendeng adalah
daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin, atau manis dengan dikeringkan menggunakan api kecil atau diasinkan atau dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis serta tidak perlu disimpan di lemari pendingin.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Dendeng termasuk makanan berbentuk lempengan yang dibuat dengan cara pengeringan. Bumbu yang digunakan untuk dendeng yaitu garam dapur, gula merah, dan rempah lainnya. Garam dapur merupakan bahan pemberi cita rasa dan pengawet pada makanan keran dapat menghambat pertumbuhan jasad renik.

Kornet daging berbentuk gilingan daging halus yang berbumbu.dengan diolah menjadi kornet, masalah masalah penyimpanan daging segar dapat diatasi. Agar awet, daging sapi segar memang harus disimpan pada suhu dingin hingga suhu yang beku, akibatnya menjadi tidak praktis apabila hendak digunakan.

Sedangkan daging sapi segar yang telah diolah menjadi kornet yang kemudian dikalengkan, dapat disimpan pada suhu kamar sekitar dua tahun. Daging kornet dapat dihidangkan sebagai campuran perkedel, telur dadar, mie rebus, pengisi roti, dan makanan lainnya.

Keju terbuat dari susu sapi, susu kerbau, atau pula susu kambing. Teksturnya lembut dengan rasa yang creamy. Keju dibuat dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu.

Hasilnya kemudian dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai cara. Produk keju banyak memiliki variasi tergantung pada jenis susunya, pengentalan, dan proses pembuatannya. Produk bahan pangan setengah jadi susu lainnya adalah susu bubuk dan yogurt.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : Kemendikbud-RI_2018

Tim Penulis : Dwi Sri Handayani Nuswantari, dkk

Pencetak : Masmedia Buana Pustaka

Apa Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi

Source: https://memenangkan.com/apakah-manfaat-makanan-olahan-setengah-jadi-dengan-bahan-ikan-dan-daging

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …