Alat Input Berupa Papan Ketik Disebut

Alat Input Berupa Papan Ketik Disebut

Hallo semuaa, kenalin saya Kamilah Putri dari prodi PLS. Disini saya akan merangkum kembali materi yang Bapak Robby berikan tentang Sistem Kompurer. Semoga mudah dipahami.


SISTEM KOMPUTER

Sistem Komputer adalah kombinasi dari komponen-komponen komputer yang terdiri atas software, hardware, dan brainware yang melakukan tugas tertentu sesuai dengan fungsi dan kapasitas untuk meraih suatu tujuan.

Menurut Robert H. (1985) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Pengolahan data yang diolah dengan menggunakan komputer dikenal dengan Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau
Elektronik Data Processing
(EDP). Komputer sebagai wahana merupakan alat elektronik mempunyai kemampuan mengolah data dengan cepat, akurat, dan bekerja secara otomatis.

Pada struktur komputer meliputi :

  • Input Device
  • Output Device
  • I/O Ports
  • CPU

  • Memori
  • Data Bus
  • Accost Bus
  • Control Omnibus

Fungsi Komponen Hardware:

  • Input Device (Alat Masukan) adalah perangkat keras komputer dimana fungsinya sebagai alat untuk memasukan information atau perintah kedalam komputer.
  • Output Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer dimana fungsinya untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan information. Hasilnya biasanya berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  • I/O Ports berfungsi untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
  • CPU adalah otak sistem komputer. CPU mempunyai dua bagian fungsi operasional yaitu ALU(Arithmetical Logical Unit) yaitu sebagai pusat pengolah information, dan CU (Control Unit) yaitu sebagai pengontrol kerja komputer.

  • Memor



    i



    ada dua jenis memori yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berisi RAM (Random Access Memory) yang fungsinya untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Adapula ROM (Read OnlyMemory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan memiliki fungsi sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
  • Information bus merupakan jalur-jalur perpindahan data antar modul di dalam suatu sistem komputer. Hal ini dikarenakan pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data. Jumlah saluran akan menentukan jumlah bit yang bisa ditransfer pada suatu saat. Lebar data double-decker ini akan menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifat data jitney ini yaitu bidirectional dimana CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus memiliki eight, 16,32, atau 64 jalur paralel.
  • Address Bus berfungsi untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer information. Pada jalur ini, CPU dapat mengirimkan alamat memori yang akan ditulis ataupun dibaca. Address memiliki 16, xx, 24, atau 32 jalur paralel.
  • Control Bus memiliki fungsi untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Omnibus. Control Bus sendiri memiliki 4 sampai 10 jalur paralel.
Baca :   Vas Bunga Termasuk Karya Seni Rupa

Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, low-cal pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink graphic symbol recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), phonation recognizer (misalnya microphone).

Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), fundamental-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan primal-to-disk yang merekam information ke media magnetic deejay (misalnya disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.

Perangkat Output terdapat 3 device yaitu meliputi :



1.


Hard-copy device : Alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras, misalnya kertas atau moving-picture show. Hard copy device bersifat permanen dan lebih portabel (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa kemana-mana). Contoh : printer dan alat mikrofilm.



2.


Soft-copy device : Alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh : video display (monitor), apartment panel, dan speaker.



3.


Drive device atau commuter : alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Terdapat iii kategori pada software :



a)




Sistem Operasi

Perangkat lunak sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem kerja mendasar yang ada di komputer. Jenis perangkat ini merupakan platform yang memungkinkan perangkat lunak dan aplikasi lain untuk dapat berfungsi. Sistem operasi mengatur segala proses, termasuk mengelola memori, menerjemahkan input, output, tabel pengkodean, dll. Pada intinya, Perangkat ini menghubungkan pengguna, perangkat keras, dan perangkat lunak aplikasi agar dapat digunakan sebagai secara bersamaan. Contoh dari perangkat lunak sistem operasi adalah Microsoft Windows, linux, Mac, IOS Apple, Google Android, dan OS Windows Phone.

Baca :   Orang Yang Membuat Atau Merancang Gambar Konstruksi Bangunan Disebut



b)


Program Aplikasi

Merupakan suatu programme yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh plan aplikasi yang sering digunakan yaitu, Microsoft Role, Adobe Photoshop,
Skype, Adobe Premiere, Ms. Excel, dan masih banyak lagi.



c)


Bahasa Pemrograman

program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang diitulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.thou. Plan Bantu Program bantu ialah perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya

Python, PHP, Java, C ++, Basic, COBOL, FORTRAN, dan Pascal.

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Tingkatan brainware terdiri atas organisation analyst, programmer, administrator, dan operator.

System Analis adalah seorang penanggung jawab dari suatu penelitian, perencanaan dalam menentukan perangkat lunak dan sistem yang akan sesuai dengan kebutuhan dalam organisasi bisnis atau juga perusahaan.

Programer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputerisasi. Programmer disini bertugas untuk membuat dan mempersiapkan programme yang dibutuhkan serta juga dapat mendukung sistem komputer yang akan dibuat atau telah dirancang.

End User adalah orang yang menggunakan komputer secara langsung.

SEKIAN RESUME DARI SAYA SEMOGA MUDAH DIPAHAMI

TERIMAKASIH

Alat Input Berupa Papan Ketik Disebut

Source: https://wilayahunej.blogspot.com/2022/09/sistem-komputer.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …