Alat Bantu Mengapung Di Air Agar Tidak Tenggelam Adalah

Alat Bantu Mengapung Di Air Agar Tidak Tenggelam Adalah

Berenang telah menjadi salah satu jenis olahraga favorit di banyak kalangan. Tidak berkeringat, tidak terasa begitu letih, membakar banyak kalori, dan tentu bisa sekaligus menjadi sebuah rekreasi.

Tetapi, kamu tidak akan bisa membakar kalori jika di dalam sebuah kolam renang hanya diam saja celingak-celinguk. Jika kamu sedang mempelajarinya dan ingin cepat bisa bak atlet renang profesional, kamu bisa lengkapi 9 peralatan ini untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat.

Alasan berenang wajib pakai baju renang

Baju renang jadi alat renang wajib yang dimiliki sebelum kamu melengkapi peralatan renang lainnya. Kamu pasti pernah lihat salah satu peraturan di kolam renang yang mewajibkan penggunanya memakai baju renang saat berenang. Memangnya kenapa, sih? Kenapa tidak boleh pakai kaus berbahan katun ketika berenang? Ini alasannya berenang sebaiknya pakai baju renang.

1. Bergerak jadi leluasa

Saat berenang, tubuh kamu bergerak aktif, sehingga membutuhkan pakaian khusus berenang agar kamu bisa bergerak dengan leluasa. Pakaian renang berbahan spandex, nylon, lycra atau pakaian khusus renang juga tidak menyerap air, sehingga tidak membuat tubuhmu menjadi berat saat di dalam kolam renang. Sementara pakaian berbahan katun atau kapas tidak bisa membuat kamu bergerak bebas karena sifatnya menyerap air.

Berenang aktif dengan Tiento Wetsuit Swimwear Hoodie

Jika sedang cari baju renang, Tiento wetsuit hoodie ini bisa jadi pilihan. Bahannya elastis dan sangat nyaman digunakan, serta ada risteling di bagian depan sehingga memudahkanmu saat memakai dan mencopotnya. Bahannya juga tahan air, garam, dan kaporit, sehingga aman digunakan untuk berenang di kolam renang maupun di laut. Jahitannya juga kuat, membuat wetsuit berbahan spandex impor ini awet.

Selain bisa digunakan di kolam renang untuk olahraga rutin, kamu bisa menggunakan wetsuit ini untuk snorkeling dan diving. Soalnya bahannya menyesuaikan kondisi cuaca saat digunakan, akan terasa sejuk meski digunakan di cuaca yang panas. Ketika dipakai di cuaca dingin pun, tubuh kamu akan terasa hangat saat memakainya. Pastinya wetsuit ini mengikuti bentuk tubuh, sehingga kamu dapat bergerak dengan leluasa selama berenang, dan menggunakan wetsuit juga melindungi kulitmu dari gesekan karang saat berenang di laut.

Baca :   Masalah Utama Yang Dibahas Dalam Suatu Paragraf Disebut

Wajib diingat, mencuci wetsuit ini harus dipisah dari pakaian lainnya, ya, gunakan detergen yang lembut, dan hindari  mengeringkannya di mesin cuci. Wetsuit sebaiknya juga tidak disetrika dengan suhu panas.

2. Warna baju berbahan katun bisa pudar terpapar air kolam renang

Warna pada kaus yang bukan baju renang bisa pudar saat terkena kaporit yang ada di kolam renang. Hal ini tidak terjadi pada baju renang berbahan lycra, nylon, atau spandex yang lebih tahan kaporit.

3. Serat pakaian berbahan kapas bisa menyumbat saluran air kolam

Kaus berbahan katun atau kapas, seratnya bisa terlepas saat terkena air dan serat ini akan terbawa aliran air. Serat kapas memang halus dan kecil, tapi jika terlalu sering dan jumlahnya banyak tentu berisiko menyumbat saluran air kolam renang.

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat

Ketika kamu mulai berenang, pertanyaan tentang peralatan renang apa yang kamu butuhkan juga biasanya muncul. Oleh karena itu, dalam artikel berikut kita akan melihat perlengkapan penting yang kamu butuhkan untuk memulai teknik renangmu dengan sukses.

1. Kacamata renang

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Shutterstock)

Selain baju renang, alat satu ini sudah jelas wajib untuk dimiliki. Tanpa kacamata renang, kamu tidak akan bebas mempelajari berbagai teknik dasar renang.
Swimming googles
berfungsi sebagai pelindung mata saat berenang dan kamu akan lebih nyaman melihat ke segala arah saat berada di dalam air.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Membeli Kacamata Renang

Kandungan kaporit yang ada di dalam air kolam renang dapat menyebabkan iritasi. Dengan kacamata renang, mata kamu akan terlindung dari kontak secara langsung dengan air.

[blproducts title=”Rekomendasi Kacamata Renang” ids=”9kit74,16nn92j,16nopvn,16nv3v8,r8ho4s”]

ii. Pull buoy

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)

Pull buoy
adalah peralatan dasar berenang yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan tangan perenang. Pelampung apit ini diletakan di antara paha untuk membuat pinggul dan kaki mengapung di permukaan air. Dinamakan “pelampung penarik” karena saat berenang dengan pelampung ini, hanya lengan yang bergerak maju.

Baca Juga: 7 Manfaat Renang di Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Kamu akan mendapatkan manfaat ekstra ketika memakai pelampung apit selama latihan.
Pull buoy
dapat meningkatkan kekuatan otot lengan dan kekuatan tubuh bagian atas. Ketika kamu sudah menguasai sedikit gaya bebas dan ingin menyempurnakan gerakan tangan saja,
pull buoy
juga bisa membantu tangan kamu lebih mahir menguasai gaya bebas. Alat ini juga dapat membantu kamu melatih teknik gaya kupu-kupu atau
dolphin.

[blproducts title=”Rekomendasi Pull Buoy” ids=”1os8emx,yx37l6,kbv60t,s2gyyu,d9hm62″]

Baca :   Masker Untuk Kulit Berminyak Dan Komedo

3. Kickboard

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Bukalapak)

Kickboard
adalah investasi paling murah yang dapat meningkatkan rutinitas renang kamu dan bisa membuat kaki lebih proporsional. Terbuat dari busa, papan pelampung ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sudah banyak
kickboard
khusus untuk orang dewasa yang juga bisa berfungsi menjadi
pull beacon
sekaligus,lho.
Peralatan renang itu disebut dengan
pullkick
(pull buoy
dan
kickboard)

Baca Juga: 7 Keuntungan Berenang Menggunakan Kaki Katak

Perenang dengan segala kemampuan dapat menggunakannya, kok.  Jangan malu ketika memakai alat ini, karena sampai sekarang banyak atlet renang yang masih menggunakan alat ini untuk menyempurnakan gerakan kaki gaya bebas, kupu-kupu, dan gaya dada.

Perenang pemula dapat mengembangkan gerakan menendang, sementara perenang elit dapat memperbaiki tendangan kaki.
Kickboard
juga digunakan untuk memperkuat otot kaki perenang. Belajar berenang akan lebih efektif dengan menggunakan papan pelampung ini.

[blproducts championship=”Rekomendasi Kickboard” ids=”8hzhdb,8sbrux,7dow7,1q34aso,kbuuho”]

4. Swimming fins

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)

Swimming fins
atau terkenal dengan sebutan kaki katak dirancang untuk membantu perenang mengembangkan tendangan yang lebih kuat, meningkatkan tempo tendangan, dan meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki. Kaki katak juga membantu perenang bergerak lebih cepat dan membuat alat ini menjadi peralatan berenang yang paling menyenangkan.

Kamu akan menjadi perenang yang lebih baik dengan kaki katak. Yang penting, pilih jenis kaki katak khusus untuk berenang ya. Jika kamu salah memilih, kaki katak
snorkeling
atau
diving
akan terlalu heboh dipakai di kolam renang.
Swimming fins
dapat membantu kamu melancarkan gaya bebas dan membuat badan jadi lebih ringan di dalam air.

[blproducts title=”Rekomendasi Swimming Fins” ids=”1f37a9s,442gbe,1ka4mt0,fk11r1,1o1bczl”]

5. Swimming hand paddles

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Bukalapak)

Sama seperti kaki katak, hanya saja
manus paddles
dipakai di telapak tangan. Alat ini dipakai untuk melatih otot tangan, lengan, dan pundak ketika perenang melakukan gaya bebas.
Manus paddles
biasa digunakan para perenang menengah yang sudah menguasai gaya bebas dengan sempurna.

Baca :   Sistem Penulisan Lagu Yang Menggunakan Simbol Angka Disebut

Perenang pemula bisa mencobanya dengan bantuan
swimming fins
agar gerakan kamu lebih ringan. Karena membentuk otot tangan, gerakan kamu akan jauh lebih berat ketika menggunakan
paw paddles
di dalam air. Rasanya sama seperti menggunakan barbel di tempat
gym!

[blproducts championship=”Rekomendasi Hand Paddles” ids=”8sbtfl,1ixti8j,8sbsl1,1pbwsgh,13vq6lg”]

vi. Earplug

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)

Earplug
atau penyumbat telinga renang dapat mencegah masuknya air ke dalam lubang telinga. Terutama saat kamu baru belajar gerakan gaya bebas, punggung, atau gaya dada.

[blproducts title=”Rekomendasi Earplug” ids=”vk7riu,14ddytw,1m4udbo,1t1q40p,10g85l”]

seven. Olfactory organ prune

Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Shutterstock)
Alat untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat (Foto: Speedo)

Nose clip
memiliki fungsi yang sama dengan
earplug, namun alat ini dirancang untuk menjaga hidung agar air tidak masuk ke dalamnya. Perangkat kecil ini terbuat dari kawat bengkok yang dilapisi karet.

Meski mini, klip hidung ini berguna untuk perenang pemula. Teknik bernafas adalah salah satu yang harus kamu kuasai untuk beragam jenis gaya renang.

[blproducts title=”Rekomendasi Olfactory organ Clip” ids=”1cxdws,7wp7pf,8l3gjf,4cr0p5,7hsvut”]









8. Topi renang/caps








Alat Renang Ini Bisa Bantu Kamu Menguasai Teknik Dasar Renang (Foto: 123rf)
Alat Renang Ini Bisa Bantu Kamu Menguasai Teknik Dasar Renang (Foto: 123rf)






Topi renang dapat berfungsi untuk beberapa tujuan. Beberapa pengelola kolam akan meminta individu dengan rambut panjang untuk mengenakan topi agar rambut tidak masuk ke kolam, dan beberapa orang hanya ingin melindungi rambut mereka dari klorin di dalam air. Kamu juga dapat memutuskan untuk mengenakan topi renang untuk mengurangi hambatan di dalam air. Ini benar-benar berfungsi, jadi jika kamu ingin sedikit menambah waktu, topi renang mungkin bisa membantu. Banyak topi terbuat dari lateks, meskipun kamu dapat menemukan silikon, neoprene (membuat kepalamu tetap hangat), dan juga lycra. Pilih salah satu yang sesuai dengan kepalamu dan paling nyaman buatmu.












9. Pool noodle








Alat Renang Ini Bisa Bantu Kamu Menguasai Teknik Dasar Renang
Alat Renang Ini Bisa Bantu Kamu Menguasai Teknik Dasar Renang (Foto: 123rf)







Pool noodle (







juga disebut mi air) adalah silinder fleksibel berwarna panjang yang terbuat dari busa padat. Anak-anak sangat menyukainya, karena mereka adalah mainan kolam renang yang bagus. Tetapi mereka juga dapat digunakan sebagai alat pelampung untuk menopang tubuh bagian atas sambil mempelajari gerakan kaki dari berbagai gaya renang.




Siap menguasai berbagai teknik renang dengan alat di atas? Kalau ada belum kamu punya, beli semua peralatan di Bukalapak ya!

Alat Bantu Mengapung Di Air Agar Tidak Tenggelam Adalah

Source: https://review.bukalapak.com/sports/alat-renang-untuk-menguasai-teknik-dasar-renang-dengan-cepat-108472

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …