20 Makanan Yang Tahan Lama Dari Bahan Nabati

20 Makanan Yang Tahan Lama Dari Bahan Nabati


Selain kue buah yang berusia lebih dari 100 tahun yang ditemukan Antartika Heritage Trust, ada delapan jenis makanan lain yang juga tak kalah tahan lama. (Foto: morgueFile/MichelleBulgaria)

Jakarta, CNN Indonesia
— Antarctic Heritage Trust pernah menemukan kue buah yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 100 tahun beberapa waktu lalu. Meski agak berbau tapi kue tersebut masih dapat dimakan.

Ternyata tidak hanya kue buah tersebut yang masuk dalam daftar makanan yang tahan lama. Setidaknya, seperti dilansir dari CNN, ada delapan jenis makanan yang ditemukan dalam keseharian yang juga bertahan lama dan dapat dikonsumsi lagi setelah bertahun-tahun.

Kedelapan makanan itu, di antaranya ada madu, keju atau cuka. Makanan yang dijaga tetap kering, biasanya akan lebih tahan lama. Berikut beberapa di antaranya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

ane. Madu


Pada 2015, para arkeolog melaporkan bahwa mereka telah menemukan madu berusia 3.000 tahun saat menggali makan di Mesir, dan makanan itu dapat dimakan dengan sempurna. Daya tahan ini berkat fitur unik madu yang rendah air dan tinggi gula, jadi bakteri tidak bisa tumbuh diatasnya. Madu juga mengandung sejumlah kecil hydrogen peroksida, yang menghambat pertumbuhan mikroba.

Pengolahan madu juga membantu karena gula dalam madu bersifat higroskopik dan cenderung menarik air atmosfer, yang tidak ideal. Namun, selama pemrosesan dan pengemasan, perlakuan panas pertama-tama menghilangkan air dan tutupnya yang kedap udara membuat air keluar, membantu agar lebih lama. Meski madu bisa menggelap dan mengkristal saat dibuka saat gula bergeser di air lagi, perubahan fisik ini bisa dibalik hanya dengan menghangatkan madu.

2. Kacang kering


Seperti madu, kunci tahan lama sebuah makanan adalah pengolahan dan penyimpanan. Kacang kering, kacang lentil, dan kacang polong lainnya meningkatkan konsentrasi gula dan menurunkan kadar airnya, sehingga membuat bakteri dan jamur tumbuh pada mereka. Juga setiap enzim yang secara alami akan memecah produk setelah panen dimasukkan ke dalam animasi mati suri.

Jika wadah itu kedap udara, mereka akan bertahan bertahun-tahun dan tetap menjadi sumber protein yang hebat. Jika anda membiarkan air masuk, mereka hanya akan bertahan beberapa bulan.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: PDPics/Pixabay

3. Kecap


Kecap memiliki potensi untuk bertahan setidaknya tiga tahun. Kombinasi kandungan garamnya dan kacang kedelai yang difermentasi berarti bahwa, jika tidak dibuka, harus memiliki umur simpan yang sangat lama. Berapa lama akan bertahan tergantung pada jenis kecap dan, setelah dibuka, sebaiknya kecap tersebut disimpan pada suhu ruangan. Jika tidak, kemungkinan yang akan terjadi ialah tumbuhnya jamur disekitar tutupnya.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: Anelka/Pixabay

four. Cuka

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa cuka ini sebenarnya rasanya hampir sama seperti wine atau sari buah. Namun, sifat asam yang terdapat dalam cuka apel, yang secara tradisional diraih dengan menggunakan bakteri Acetobacter untuk memfermentasinya, berarti bakteri lain berjuang untuk tumbuh di dalamnya, sehingga bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Sementara, cuka putih akan tetap hampir tidak berubah tanpa batas waktu, cuka lain mungkin akan mempengaruhi keamanan produk, seperti tampilan dan mungkin rasa.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: ThinkStock/YelenaYemchuk

5. Beras Putih


Beras putih bisa bertahan lama meski setelah disimpan selama 30 tahun dengan proses penyimpanan yang ketat dengan memberi perhatian terhadap temperatur penyimpanannya.

Baca :   Benda Bergerak Menjadi Diam Karena Adanya

Penelitian telah melaporkan bahwa suhu rendah (sekitar 3°C) dan sedikit oksigen tampaknya penting untuk umur panjangnya. Beras merah, meski sering dianggap lebih sehat, memiliki umur simpan lebih pendek. Bekatulnya mengandung lemak tak jenuh, yang bisa berubah menjadi tengik. Jadi, jika beras merah anda berminyak dan berbau seperti true cat lama, sebaiknya buang.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: Thinkstock/sutteerug

6. Coklat

Ada beberapa perdebatan tentang apakah coklat menjadi buruk ketika disimpan lama. Penambahan susu ke coklat bisa mengurangi umur simpanya, tapi dark chocolate nampaknya bertahan lebih baik, meski tidak selalu terlihat seperti itu. Ini bisa jadi karena, jika tidak disimpan pada suhu konstan, lemak bisa naik ke permukaan, meninggalkan mekar yang terlihat seperti jamur tersebut.

Jika disimpan pada suhu yang tetap, coklat bisa bertahan selama dua tahun atau lebih, dengan konsentrasi senyawa yang beberapa link ke manfaat kesehatan yang tersisa selama ini. Bagi kebanyakan orang, coklat tidak cenderung bertahan lama sebelum dimakan.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: annca/Pixabay

7 & 8. Garam dan Gula

Banyak makanan yang bertahan lama mengandung gula dan garam tinggi. Secara sederhana, mereka akan menarik air keluar, jadi jika bakteri mencoba untuk tumbuh diatasnya, mereka hanya mengerut. Itulah sebabnya mengapa kita menggunakan garam untuk membuat daging ham, atau gula untuk membuat selai.

8 Makanan yang Tahan LamaFoto: Hebi65/Pixabay

(sha/rah)




20 Makanan Yang Tahan Lama Dari Bahan Nabati

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170829095714-262-238010/8-makanan-yang-tahan-lama

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …